Juan Manuel Correa Kembali ke <i>Paddock</i> Setahun Pasca-insiden Fatal di Spa-Francorchamps
Juan Manuel Correa (Instagram @juanmanuelcorrea_)

Bagikan:

JAKARTA - Juan Manuel Correa akan hadir di Sirkuit Spa-Francorchamps akhir pekan ini. Ini menandai kembalinya ia ke paddock satu tahun setelah kecelakaan yang membuatnya mengalami cedera serius, dan mengakibatkan kematian Anthoine Hubert.

Kecelakaan terjadi pada lap kedua Formula 2 Feature Race tahun lalu di Belgia di mana Hubert tewas dan Correa mengalami cedera yang mengancam jiwanya.

Correa menghabiskan waktu dalam keadaan koma setelah menderita gagal napas dan akhirnya menjalani operasi yang lama pada cedera kaki yang parah. Ia memilih untuk tidak diamputasi.

Correa sejak itu menjalani rehabilitasi di kampung halamannya di Miami dan secara teratur mendokumentasikan proses ini melalui akun media sosialnya.

Dia, baru-baru ini kembali ke fasilitas pelatihan 321 Perform di Pyrenees dan akhir pekan ini telah menerima undangan dari penyelenggara Formula 2 untuk hadir di Spa-Francorchamps.

"Sudah satu tahun sejak kecelakaan itu terjadi," kata Correa dalam siaran langsung Formula 2 di Instagram, Kamis.

“Saya merasa ada cara bagi saya untuk menutup sebuah bab, tetapi yang lebih penting untuk memberi penghormatan kepada Anthoine, saya belum dapat melakukannya dengan baik dari Miami.

"Saya sangat senang berada di sini, senang melihat semua orang di paddock lagi, tetapi ini juga akan menjadi akhir pekan yang sangat menyedihkan dan emosional bagi saya."

Correa menekankan bahwa dia ingin kembali ke Formula 2 untuk musim 2021 setelah memulai pembicaraan dengan tim.

“(Pemulihan) ini berjalan cukup baik, saya pulih cukup cepat,” katanya.

“Saya sebenarnya sedang menargetkan comeback tahun depan, jadi (ini) lebih awal dari yang kami duga pada awalnya, tapi ini terlihat bagus."

Correa melanjutkan, dirinya masih harus menjalani sejumlah operasi tetapi seluruh  logam di sekitar kakinya harus hilang pada akhir tahun ini. Artinya, ia kemungkinan sudah dapat membalap pada awal Desember.

Sementara itu, sejumlah penghormatan rencanananya akan digelar untuk mengenang Hubert akhir pekan ini di Spa-Francorchamps, termasuk aksi hening cipta satu menit sebelum balapan Formula 1 dan Formula 2.