Indonesia vs Singapura Leg 2 AFF Cup, Shin Tae-yong: 4 Pemain Lawan Harus Diwaspadai, Salah Satunya Ikhsan Fandi
Para pemain Tim Nasional Indonesia. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan melanjutkan perjuangan di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 dengan menghadapi Singapura hari ini, Sabtu 25 Desember pukul 19.30 WIB. Menjelang laga ini, Shin Tae-yong sudah mengantongi empat pemain lawan yang harus diwaspadai Evan Dimas dkk.

Keempat nama pemain Singapura tersebut diungkap Shin Tae-yong saat konferensi pers daring sebelum laga. Mereka adalah Ikhsan Fandi, Song Ui-Young, Safuwan Baharudin, dan Irfan Fandi.

"Kita harus menahan pemain nomor 9 (Ikhsan Fandi) dan juga nomor 15 (Song Ui-Young). Ada juga dua stopper nomor 21 (Safuwan Baharudin) dan 17 (Irfan Fandi)," kata sang pelatih pada Jumat, 24 Desember.

Dalam kesempatan yang sama , Shin Tae-yong juga mengatakan kekuatan Singapura saat tampil di leg pertama mengalami peningkatan signifikan. Sehinga anak asuhnya harus lebih waspada demi menjaga pertahanan.

"Menurut saya, para pemain Singapura memiliki performa lebih baik di semifinal leg pertama dibandingkan dengan penyisihan grup. Jadi kita harus berhati hati dan jaga pertahanan dengan baik," tegas Shin Tae-yong.

Kewaspadaan Shin Tae-yong terhadap empat pemain Singapura tersebut memang cukup beralasan. Sebab, Ikhsan Fandi merupakan pencetak gol yang sukses menggagalkan kemenangan Timnas Indonesia di leg pertama pada Rabu, 22 Desember lalu.

Sementara Song Ui-young, adalah gelandang naturalisasi Singapura yang kerap merepotkan lini pertahanan lawan. Pemain asal Korea Selatan itu tercatat sudah tampil empat kali dan menyumbangkan satu asis di Piala AFF 2020.

Adapun Safuwan dan Irfan, duet bek tengah Timnas Singapura yang cukup tangguh. Posisi keduanya tidak pernah tergantikan dan bahkan selalu dipercaya tampil 90 menit oleh pelatih Tatsuma Yoshida dalam lima laga The Lions, termasuk ketika mampu menahan imbang Indonesia di leg pertama 1-1.

Meski begitu, Shin Tae-yong tak gentar dengan kehadiran para pemain Singapura itu, karena ka punya tekad besar memacu anak asuhnya tampil maksimal dan penuh semangat demi bisa mejajaki partai final.

"Pertandingan leg pertama memang kami dan Singapura sama-sama bekerja keras. Tapi ini pertandingan yang sangat disayangkan, jadi akan lebih berusaha mempersiapkan lebih baik lagi untuk pertandingan di leg kedua," tandas Shin Tae-yong.