Hamilton hingga Verstappen Kampanyekan Vaksin COVID-19, Tujuh Pebalap Telah Terinfeksi
Para jagoan balap F1 mengampanyekan vaksinasi (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah pebalap Formula 1 seperti Lewis Hamilton dan Max Verstappen, yang bertarung untuk gelar juara dunia musim ini, mendorong masyarakat agar melakukan vaksinasi melawan COVID-19.

Formula 1 akan menjalani balapan penentuan gelar juara dunia di saat Hamilton dan Verstappen menuju balapan penutup musim di Abu Dhabi dengan raihan skor sama, namun sang pebalap Belanda unggul jumlah kemenangan 9-8 dari sang rival dari Inggris.

"Kami kembali melakukan hal yang kami cintai tapi COVID belum hilang," kata Hamilton, yang sempat melewatkan balapan di Bahrain tahun lalu karena terinfeksi virus corona, dalam video yang dirilis F1 pada Sabtu, 11 Desember.

"Tolong lakukan bagian kalian," kata Verstappen.

"Dapatkan vaksin, saya rasa itu hal yang masuk akal," juara dunia empat kali Sebastian Vettel menambahkan.

"Kita harus bersatu dalam hal ini dan kita harus senasib sepenanggungan," kata juara dunia dua kali Fernando Alonso.

Pebalap tim Alfa Romeo Kimi Raikkonen, juara dunia 2007, yang akan pensiun di akhir musim ini, tidak tampil di video yang berisi pesan dari 19 pebalap itu karena sang pebalap Finlandia terkena COVID-19 pada September dan melewatkan dua balapan musim ini. CEO F1 Stefano Domenicali mengatakan vaksin dan booster adalah jalan keluarnya.

"Kita harus menjaga keselamatan setiap orang dan melangkah ke depan. Saya telah divaksin dan mendapat booster dan mengajak setiap orang untuk melakukan hal yang sama. Formula 1 maju ke depan, dan kami meminta setiap orang memainkan peran mereka," kata Domenicali.

F1 beroperasi dalam gelembung dengan menerapkan tes reguler sejak tahun lalu, meskipun protokol kesehatan sudah dilonggarkan dan sejumlah besar fan diizinkan menonton langsung di sirkuit.

Sejauh ini tercatat tujuh pebalap pernah terinfeksi COVID-19, yaitu Hamilton, Sergio Perez, Charles Leclerc, Pierre Gasly, Lando Norris, Lance Stroll dan Raikkonen.