Kekalahan Genoa dari Sampdoria Tambah Catatan Buruk Shevchenko
Andriy Shevchenko (Twitter @GenoaCFC)

Bagikan:

JAKARTA - Hasil mengecewakan didapat Genoa saat menghadapi Sampdoria pada pekan ke-17 Liga Italia. Kalah 1-3 dalam Derby della Lanterna menambah catatan buruk Andriy Shevchenko dalam masa awal kepelatihannya di Il Grifone.

Shevcenko ditunjuk sebagai pelatih Genoa pada awal November lalu. Sejak dipercaya menangani tim, ia sudah mendampingi Genoa menjalani empat laga termasuk saat menghadapi Sampdoria.

Sayangnya, dari semua laga di bawah kepelatihan Shevchenko, Genoa baru bisa mengantongi satu poin. Tuah Shevchenko sesungguhnya sangat dinanti saat menghadapi Sampdoria. Maklum, ini derby oenuh gengsi.

Tapi, hasil yang didapat tim ini justru menambah catatan buruk sang pelatih yang semasa masih aktif bermain bersama AC Milan penuh dengan prestasi.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Luigi Ferraris, Sabtu dini hari, Genoa dihajar habis-habisan oleh tim tamu. Mereka bahkan sudah kebobolan saat laga baru berjalan tujuh menit.

Gol pembuka Sampdoria yang jadi pukulan telak Genoa itu tercipta lewat tandukan Manolo Gabbiadini. Suasana makin panas karena hingga turun minum Genoa masih belum bisa mengejar ketertinggalan 0-1.

Masuk di babak kedua, Sampdoria kembali mengacaukan pertahanan tuan rumah. Mereka menggandakan keunggulan jadi 2-0 melalui Francesco Caputo pada menit ke-49.

Semakin dibenamkan Sampdoria, Genoa terus berusaha bangkit untuk memecah kebuntuan. Namun keadaan justru semakin kacau karena tim tamu membuat skor berubah 3-0.

Nahasnya, gol ketiga Sampdoria itu justru tercipta lewat gol bunuh diri Zinho Vanheusden di menit ke-68 saat berusaha menghalau bola tembakan Gabbiadini. Keadaan ini jelas membuat Genoa semakin sulit memperkecil jarak.

Meski begitu, usaha anak asuh Shevchenko ini akhirnya menemukan titik terang. Kebuntuan pecah dan berubah jadi angka di menit ke-78 lewat eksekusi Destro yang membuat skor menjadi 1-3.

Di sisa waktu, Genoa terus berusaha menciptakan peluang untuk menambah skor. Sayangnya usaha itu tak berbuah manis hingga peluit panjang berbunyi dan kemenangan berpihak kepada Sampdoria.

Kekalahan di markas sendiri ini membuat Genoa kehilangan tiga poin penting yang menahan mereka di peringkat ke-19 dengan raihan 10 poin. Sementara Sampdoria memantapkan diri di urutan ke-14 klasemen sementara dengan 18 poin

Setelah ini kedua tim akan tampil di putaran kedua Coppa Italia dan sama-sama main di Luigi Ferraris. Genoa lebih dulu mendapat jadwal menjamu Salernitana pada Selasa pekan depan dan Sampdoria dua hari setelahnya menghadapi Torino.

Sumber: Antara