Lifter Eko Yuli Berharap DBON Terimplimentasi dengan Baik Sampai ke Akar Rumput
Eko Yuli Irawan (tengah) (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Lifter senior Eko Yuli Irawan berharap Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dapat terimplementasi dengan baik, tidak hanya di pusat, tetapi juga sampai ke bawah hingga kota dan kabupaten.

Menurut Eko, DBON yang sudah mendapat payung hukum Perpres Nomor 86 Tahun 2021 itu memiliki program yang bagus untuk peningkatan prestasi olahraga nasional, namun pemerintah pusat harus bisa memastikan program itu juga bisa berjalan di daerah.

“Sebagai atlet, program DBON luar biasa, tinggal gimana (implementasi) ke bawahnya, ke KONI seperti apa, kota/kabupaten dan cabang-cabang olahraganya seperti apa, nah, itu sejalan tidak. Apabila sejalan, kemungkinan bisa sukses,” kata Eko dikutip dari Antara, Kamis.

Lifter peraih perak dalam dua edisi Olimpiade itu juga berharap DBON bisa lebih menunjang fasilitas bagi para atlet nasional, termasuk kualitas tempat latihan, gizi, fisioterapi dan recovery.

Menurut Eko, tugas atlet hanyalah berlatih dan bertanding untuk juara, sedangkan persiapan untuk meraih prestasi menjadi peran dari pemerintah serta induk organisasi olahraga.

“Kalau kami sebagai atlet hanya bertanding dan berlatih sebaik mungkin. Tinggal mempersiapkannya seperti apa, tempat latihan, fisioterapi, recovery, gizi. Kami sebagai pelaku olahraga sudah latihan berat, hanya gimana sistem recovery-nya sudah dipikirkan belum,” ucap Eko.