Kata Verstappen Soal Dirinya Dianggap Bertanggung Jawab Atas Insiden Tabrakan dengan Hamilton
ILUSTRASI/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Red Bul, Max Verstappen memberi tanggapan soal dirinya yang dianggap paling bertanggung jawab pada insiden tabrakan dengan rivalnya, Lewis Hamilton di balapan F1 GP Arab Saudi.

Insiden tabrakan yang melibatkan Verstappen dan Hamilton itu terjadi pada Senin, 6 Desember di Sirkuit Jeddah Corniche. Pengawas balapan Formula 1 menyebut Verstappen paling bertanggung jawab dalam insiden itu hingga ia diganjar dua penalti.

Pertama, Verstappen mendapat penalti lima detik karena memotong tikungan demi menjaga keunggulan posisi saat bertahan dari serangan Hamilton. Penalti kedua yaitu 10 detik tambahan setelah balapan, karena menyebabkan tabrakan saat ia berupaya memberi posisi terdepan ke Hamilton.

Ketika itu pengawas balapan mendapati Verstapen mengerem dengan tiba-tiba dan tidak menentu. Soal manuver defensifnya di lap ke-37 itu, Verstappen mengatakan ia tidak paham kenapa diganjar penalti lima detik.

Soal penalti pertama yang menyebutnya mengerem mendadak, Verstappen menyebut jika ia memang ada di sana dan Hamilton ada di belakangnya padahal ia ingin membiarkan Hamilton lewat.

"Saya mengarah ke sisi kanan dan saya melambatkan mobil dan saya mengerem, menurunkan gigi dan dia berada sangat dekat di belakang saya," kata Verstappen dikutip dari Reuters, Selasa 7 Desember. 

Dituduh mengerem mendadak dan membuat Hamilton menubruk, Verstappen mengatakan yang sebenarnya terjadi.

"Saya melaju semakin lambat, menurunkan gigi dan kemudian kami mengalami miskomunikasi atau apa pun itu dan dia menubruk bagian belakang saya dan itu yang terjadi," jelasnya.

Dari kacamata lengawas balapan, mereka memandang Hamilton sebenarnya bisa saja menyalip ketika Verstappen melambatkan diri. Tapi mereka paham kenapa pada akhirnya Hamilton atau Verstappen tak melakukannya.

Itu karena dua pebalap ini tidak ingin berada di depan menuju zona DRS yang dapat membuat siapa pun yang berada di depan rentan tersalip pebalap di belakangnya.

Berbicara soal manuver defensifnya di lap ke-37 itu, Verstappen mengatakan ia tidak paham kenapa diganjar penalti lima detik.

"Saya mendapatinya menarik bahwa hanya saya yang mendapat penalti di saat kami berdua melaju keluar garis putih. Anda bisa melihat dengan jelas kami berdua melewatkan tikungan," kata Verstappen.

"Saya rasa akhir-akhir ini kita lebih banyak bicara soal garis putih dan penalti ketimbang balapan Formula 1 yang sebenarnya," ungkapnya. 

Kendati dianggap paling bertanggung jawab atas insiden tabrakan dengan Hamilton, tapi Verstappen tetap berhak mempertahankan posisi finis runner-up di belakang Hamilton seusai balapan.