Usai Kalahkan Shawn Porter, Terence Crawford Sindir Errol Spence Jr: Siapa Petinju No. 1 Sekarang?
Terence Crawford (Instagram @tbudcrawford)

Bagikan:

JAKARTA - Terence Crawford menghabisi Shawn Porter dalam pertarungan di Nevada, Amerika Serikat, Minggu, 21 November. Petinju Amerika itu menang TKO atas penantang yang merupakan rekan senegaranya.

Juara kelas welter WBO yang tak terkalahkan dan salah satu petarung pound-for-pound atau lintas divisi tinju terbaik itu menyarangkan sepasang pukulan kuat untuk mengalahkan Porter pada ronde kesepuluh sekaligus mempertahankan sabuk juara dunianya.

"Siapa yang nomor satu di divisi kelas welter sekarang?" tanya Crawford setelah pertarungan di depan lebih dari 11.568 peserta, banyak dari mereka mengalihkan pandangan mereka ke Errol Spence Jr, yang hadir di Michelob ULTRA Arena.

Sejak Floyd Mayweather pensiun, Crawford dan Spence Jr. mengisi kekosongan itu dengan rentetan prestasi mereka. Itulah mengapa kemenangan hari Minggu begitu penting bagi penggemar tinju karena Crawford melewati ujian paling penting sebagai petinju kelas welter melawan Porter, penantang bintang lima yang juga pernah melawan Spence Jr.

Porter berfungsi sebagai termometer untuk membayangkan pertarungan antara dua juara. Tapi dia memberikan jawaban yang jelas tentang siapa yang lebih baik.

"(Crawford) adalah yang terbaik dari semua petarung yang pernah melawan saya di atas ring," kata Porter melansir MARCA, Selasa, 23 November. "Pria itu memukuli saya lebih dari siapa pun."

Kata-kata Porter menyalakan kembali perang dingin antara Crawford dan Spence Jr, yang dicemooh para penggemar ketika dia muncul di layar lebar arena. Beberapa menit setelah pertarungan usai, Spence Jr dengan cepat pergi tanpa berkomentar, meski kemudian dia memposting pesan ketidakpercayaan di Twitter.

Lalu, apakah pertarungan antara Crawford dan Spence Jr bakal terjadi? Pendiri Top Rank Bob Aurum mengesampingkan kemungkinan pertarungan tersebut dengan mengajukan opsi lain untuk Crawford; yakni mempertahankan gelar kelas welternya melawan Josh Taylor, yang juga memegang keempat sabuk di divisi 140-pon.

Namun, tanggapan dari Crawford, yang mengakhiri kesepakatannya dengan Top Rank, sangat menohok. "Bob tidak bisa mengamankan pertarungan Spence untuk saya saat saya masih bekerja sama dengan dia, jadi bagaimana dia mengamankan pertarungan saat kami tidak lagi bersama?" cetus Crawford.

Apa yang bakal terjadi selanjutnya untuk Crawford masih belum pasti. Tetapi, kemenangan atas Porter memberinya kesempatan yang dia butuhkan untuk memberi tahu dunia bahwa dia berada di level yang sama dengan saingan terbaiknya, Errol Spence Jr.