Penonton WSBK Mandalika dari Luar Daerah Mulai Kembali ke Kampung Halaman
Penonton WSBK Mandalika mulai kembali ke kampung halaman (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ribuan penonton World Superbike (WSBK) Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang berasal dari luar daerah dilaporkan sudah mulai kembali ke kampung halamannya masing-masing.

"Pada Minggu, 21 November terpantau penumpang "arus balik" cukup tinggi, dengan 4.071 penumpang yang berangkat dari Bandara Lombok dan penumpang tiba 2.348 orang," kata Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Arif Haryanto melansir Antara, Senin.

Ia mengatakan terhitung pada Jumat, 19 November jumlah penumpang tiba sebanyak 4.241 orang, sedangkan penumpang berangkat sebanyak 2.084 orang, sehingga total penumpang 6.325 orang per hari.

"Prediksi arus balik penonton WSBK itu terjadi mulai Minggu dan hari ini (Senin)," ujar Arif.

Sementara itu, pergerakan penumpang pada Sabtu, 20 November tercatat jumlah penumpang tiba sebanyak 2.916 orang dan penumpang berangkat 2.479 orang, sehingga total penumpang 5.395 orang perhari.

"Kalau total penumpang hari Minggu kemarin itu sebanyak 6.419 penumpang," tutur Arif.

Sebelumnya, jumlah penumpang di Bandara Lombok mengalami lonjakan menjelang perhelatan WSBK di Sirkuit Mandalika. Hingga Kamis, 18 November, tercatat sebanyak 5.757 penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok.

"Rinciannya, yaitu 3.449 orang tiba dan 2.308 orang berangkat," ungkap Arif.

Ia pun menjelaskan jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya, jumlah penumpang pada Kamis mengalami kenaikan yang rata-rata di angka 4.000-an penumpang yang tiba dan berangkat.

"Kenaikan pergerakan penumpang sekitar 44 persen, dampak WSBK itu," pungkas Arif.

Selain mengalami lonjakan penumpang, dari sisi pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan. Tercatat sebanyak 52 pergerakan pesawat yang tiba dan berangkat dari Bandara Lombok, dengan rincian yaitu 26 pesawat berangkat dan 26 pesawat tiba.