Bagikan:

JAKARTA - Liverpool dilaporkan akan membuat tawaran sekitar 40 juta euro (Rp660 miliar) kepada klub La Liga, Real Sociedad untuk memboyong Alexander Isak.

Produk akademi AIK Solna di Swedia, Isak disamakan dengan Zlatan Ibrahimovic pada tahun-tahun awal kariernya karena kecakapan mencetak golnya. Hal ini membuat striker muda itu melakukan langkah besar ke Borussia Dortmund pada Januari 2017. Sayangnya, di Bundesliga, tidak sesuai dengan harapan Isak.

Dalam dua tahun bersama tim Black Yellow, Isak hanya mencatatkan 13 penampilan senior, mencetak satu gol sebelum dipinjamkan ke Willem II pada Januari 2019. Isak berkembang pesat di klub Belanda itu, mengantongi 14 gol dalam 18 pertandingan. Inilah yang mendorong Real Sociedad mengontraknya pada musim panas berikutnya.

Sejak pindah ke Spanyol, Isak secara bertahap berkembang menjadi pemain yang konsisten untuk La Real. Dari 102 pertandingan, dia telah mencetak 38 gol dan enam assist.

Isak mencetak sembilan gol liga di musim debutnya, dan 17 gol pada La Liga musim lalu. Sesungguhnya tidak terlalu produktif juga, tapi jumlah gol striker Swedia ini mengalami peningkatan dari musim ke musim.

Musim ini, dia telah mencetak tiga gol dalam sepuluh pertandingan dan telah memainkan peran kunci dalam pendakian Real Sociedad ke puncak tabel La Liga. Selain itu, ia juga merupakan pemain penting bagi tim nasional Swedia, di mana ia telah mencetak delapan gol dalam 29 pertandingan.

Kemajuan Isak tidak luput dari perhatian sejumlah klub top, termasuk Barcelona yang ​tertarik untuk mengontraknya musim panas lalu. Kini minat terhadap Isak terus tumbuh. Arsenal telah mengidentifikasi pemain berusia 22 tahun itu sebagai target prioritas.

Ya, Liverpool mempertimbangkan langkah untuk memboyong pemain Swedia itu. The Reds berada di pasar untuk menambah unit penyerang mereka karena Jurgen Klopp perlu memasukkan beberapa pemain muda ke lini depannya.

Mohamed Salah tetap yang utama. Tetapi, tahun depan, akan berusia 30 tahun, seperti halnya Sadio Mane. Roberto Firmino, sementara itu, sudah memasuki usia tiga puluhan. Selanjutnya, Liverpool tidak memiliki penyerang tengah alami selain Divock Origi, yang lebih sering di bangku cadangan.

Jadi, ada desas-desus tentang Merseysiders yang ingin mengatasi situasi ini. Hal itu mengarah kepada Karim Adeyemi dari RB Salzburg. Tapi, nama Isak juga muncul sebagai opsi untuk Liverpool, di mana El Nacional mengklaim bahwa The Reds melihatnya sebagai seseorang yang cocok untuk tim asuhan Klopp.

Untuk itu, mereka juga siap melakukan penawaran sekitar 40 juta euro untuk mengontrak Isak. Tetapi, mengingat kontraknya di La Real masih berlaku hingga 2026, pemimpin klasemen La Liga ini mungkin menginginkan bayaran lebih besar untuk pemain internasional Swedia itu.