Infantino Tetap Jabat Presiden FIFA Meski Terseret Kasus Pidana
Presdien FIFA Gianni Infantino (FIFA.com)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden FIFA Gianni Infantino akan tetap menempati jabatannya saat investigasi dilakukan terhadapnya oleh jaksa Swiss. 

Pada 30 Juli, jaksa penuntut Swiss melaporkan bahwa mereka telah membuka penyelidikan terhadap Infantino dan mengirim permintaan ke parlemen nasional untuk meminta izin memulai proses serupa terhadap mantan Jaksa Agung Swiss Michael Lauber, yang mengumumkan pengunduran dirinya pada 24 Juli. 

Sebelumnya, sejumlah laporan muncul bahwa Lauber telah melakukan beberapa pertemuan tidak resmi dengan presiden FIFA ketika jaksa sedang menyelidiki kasus-kasus yang melibatkan federasi sepak bola. Pada saat yang sama, komite pengawasan jaksa penuntut dan, kemudian, pengadilan administrasi federal menyimpulkan bahwa Lauber gagal untuk mengomunikasikan kebenaran kepada komisi mengenai pertemuan ketiganya dengan Infantino, secara kasar melanggar tugasnya.

"Presiden FIFA akan terus sepenuhnya menjalankan fungsinya di dalam FIFA dan memenuhi tugasnya dan akan terus bekerja sama dengan pihak berwenang di Swiss dan di seluruh dunia," kata pernyataan resmi FIFA melansir Metro.co.uk.

Menurut FIFA, "Sama sekali tidak ada alasan untuk membuka penyelidikan karena tidak ada kejahatan yang terjadi dari jarak jauh dan tidak ada sama sekali yang menyarankan segala bentuk kejahatan."

FIFA mengatakan, pertemuan Infantino dengan Lauber "tidak ilegal." Pada saat pertemuan antara Presiden FIFA dan Jaksa Federal Swiss, Kantor Jaksa Agung Swiss (OAG) sedang melakukan investigasi di lebih dari 20 kasus dalam masalah yang berhubungan dengan FIFA, dan FIFA adalah pihak yang dirusak dalam proses tersebut.

"Karena itu sepenuhnya logis bagi Presiden FIFA untuk bertemu dengan Jaksa Federal Swiss," kata organisasi itu.

"Tujuannya adalah selalu menawarkan dukungan penuh FIFA dalam penyelidikan," katanya, seraya menambahkan bahwa pertemuan-pertemuan itu "sama sekali bukan rahasia", dan diselenggarakan oleh Kantor Jaksa Agung Swiss dan berlangsung "di tempat-tempat umum, seperti hotel dan restoran."

Ketika pertemuan pertama berlangsung, Gianni Infantino baru menjadi Presiden FIFA selama 24 hari.

"FIFA berada dalam situasi bencana dan berisiko dituding sebagai organisasi kriminal oleh otoritas AS. Dalam hubungan lingkungan beracun antara FIFA dan OAG ini hanya satu dari sekian banyak masalah mendesak yang harus ditangani oleh Presiden FIFA," kata FIFA. "Presiden FIFA juga ingin menjelaskan langkah konkret yang diambil untuk membawa pemerintahan yang baik ke FIFA."

Dalam pendapat federasi, jaksa penuntut khusus Swiss Stefan Keller, yang meluncurkan investigasi terhadap Infantino, "tidak menghadirkan unsur serius atau dasar hukum untuk pembukaan penyelidikan apa pun dan tidak memiliki detail apa pun tentang substansi kasus ini."

"Selain itu, penyelidikan dibuka tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Presiden FIFA untuk meminta penjelasan," kata organisasi tertinggi sepak bola itu.

"Sebagai catatan, FIFA dan Presiden FIFA dengan tegas menyangkal segala implikasi atau saran bahwa Presiden FIFA akan pernah berusaha mengerahkan segala bentuk pengaruh yang tidak patut pada Jaksa Federal Swiss," katanya.

Infantino terpilih sebagai Presiden FIFA pada Februari 2016, menggantikan Sepp Blatter yang mengundurkan diri setelah rentetan skandal korupsi dalam organisasi.