Jay-Z Gugat Fotografer Album <i>Reasonable Doubt</i>, Kenapa?
Jay-Z (tangkapan layar video musik YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Rapper Jay-Z menggugat fotografer yang mengerjakan artwork untuk album Reasonable Doubt. Dia menduga orang tersebut menggunakan nama dan foto tanpa seizinnya.

Fotografer bernama Jonathan Mannion adalah sosok di balik sampul album Reasonable Doubt yang dirilis 1996. Dalam dokumen legal yang dilihat TMZ, Mannion menggunakan nama dan materinya untuk menjual merchandise serta foto-foto lainnya.

Jay-Z menjelaskan dia tidak pernah memberi izin untuk menggunakan foto di luar proyek album. Gugatan ini dibuat agar sang fotografer berhenti menjual foto-fotonya.

Suami Beyonce ini juga mengatakan kalau Mannion beranggapan karena dia yang memotretnya, maka dia bisa menggunakannya secara leluasa.

Pihak Mannion pun merespons gugatan itu dengan berkata, “Kami yakin Amandemen Pertama melindungi hak Mannion untuk menjual karya seninya.”

Mereka juga menyebut Mannion sangat menghormati Jay-Z sebagai musisi. “Mannion membuat gambar ikonik Carter (nama asli Jay-Z) selama bertahun-tahun dan bangga bahwa gambar ini dapat membentuk Jay-Z sampai hari ini.”

Menutup pernyataannya, mereka berharap Jay-Z menghormati hak kreator untuk menghasilkan karyanya.

“(Mannion) berharap Carter menghargai hak seniman dan kreator yang membantunya meraih ketinggian yang dia sudah capai.”