Bagikan:

JAKARTA - Gene Simmons punya filosofi tersendiri dalam bermain musik. Sebagai bassist, ia tak mengandalkan skill untuk bisa membuat karya yang brilian.

Member KISS ini bahkan menyebut permainan skillful ala Flea dari Red Hot Chili Peppers tak menarik buatnya. Tak ada kesan mendalam yang ia rasakan dari permainan Flea yang menonjol.

"Saya tidak menganggap diri saya – dan tidak pernah benar-benar tertarik untuk menjadi – seorang pemain bass virtuoso. Saya tidak suka pamer dalam bermusik. Saya lebih tertarik pada hal-hal yang berkesan. Bagi saya, itu bagian dari kesenangan bermusik," kata Gene dalam wawancaranya dengan Guitar World, dikutip dari NME 22 Oktober.

Baginya, bass punya fungsi tersendiri. Secara spesifik ia menyebut tak suka dengan suara slapped bass yang jadi permainan khas Flea.

"Ada banyak sekali pemain bas yang hebat, seperti Jaco Pastorius dan para pemain jazz. Atau pemain seperti Flea, yang sangat jago memainkan alat musiknya, tetapi saya tidak ingat apa pun yang dimainkannya – dan saya juga tidak suka suara bas yang dipukul," jelasnya.

Ia menekankan hal penting dalam aransemen adalah membuat riff yang bagus sehingga mudah diingat orang. 

"Dengan segala hormat, tetapi musik itu dimaksudkan untuk menunjukkan seberapa baik Anda bermain - tetapi saya tidak peduli tentang itu. Hal tersulit yang harus dilakukan adalah menulis lagu atau riff sederhana yang bagus. Itu sangat sulit," pungkasnya.