Bagikan:

JAKARTA - Afgan merilis ulang lagunya yang berjudul “Untukmu Aku Bertahan”, sebagai caranya memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh hari ini, Kamis, 10 Oktober.

Sebelumnya, “Untukmu Aku Bertahan” sudah diperkenalkan sebagai materi dari album Live to Love yang dirilis pada tahun 2013.

Dalam versi terbaru terdapat iringan orkestra, yang mana merupakan hasil rekaman dari pertunjukan Afgan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2 Desember 2023.

Lagu ini biasanya diinterpretasi banyak orang sebagai perasaan yang ingin dsampaikan kepada orang yang kita cintai.

Namun Afgan memilih perspektif berbeda. Lagu “Untukmu Aku Bertahan” merupakan pesan yang ditujukan untuk dirinya sendiri.

“Pesannya adalah untuk terus bertahan menghadapi segala kesulitan dan cobaan dalam hidup ini,” kata Afgan dalam keterangannya, Kamis, 10 Oktober.

“Percayalah bahwa selalu ada alasan mengapa kita harus melalui semua itu,” lanjutnya.

Dengan kesadaran tersebut, kata Afgan, kita bisa belajar banyak tentang diri kita sendiri, mulai belajar menyayangi diri sendiri, menghargai diri, dan terutama menghargai hidup dengan segala kekurangan yang ada.

Dalam momen peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia, Afgan juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental.

“Ketika kita merawat diri kita sendiri dan menjaga kesehatan mental kita, kita bisa lebih baik dalam merawat orang-orang yang kita sayangi,” tuturnya.

“Ada banyak cara untuk melakukannya sekarang, seperti mengikuti terapi, mempraktikkan meditasi, atau mindfulness dalam kehidupan sehari-hari, untuk menciptakan keseimbangan dan kedamaian dalam hidup kita setiap hari,” tambahnya.

Lewat "Untukmu Aku Bertahan" versi live orchestra, Afgan berharap para pendengar dapat menyanyikan lagu ini untuk diri mereka sendiri, sambil meresapi pesan tentang pentingnya menyayangi diri dan tetap bertahan.