Bagikan:

JAKARTA - Setelah lebih dulu memperkenalkan single “feelslikeimfallinginlove” dan “WE PRAY”, Coldplay bersiap meluncurkan album studio kesepuluh dengan tajuk “Moon Music” pada Jumat, 4 Oktober.

Album ini tidak direncanakan sebagai album terakhir Coldplay yang sudah bermusik sejak tahun 1997. Mereka masih merencanakan rilisan lain di masa depan.

Chris Martin (vokal) menyatakan bahwa Coldplay baru akan berhenti merilis album studio ketika mereka sudah menghasilkan 12 album.

“Kami hanya akan membuat 12 album yang layak. Dan itu nyata. Ya, saya berjanji,” kata Chris Martin saat wawancara dengan Zane Lowe dari Apple Music baru-baru ini.

Angka “12” dirasa cukup bagi Coldplay. Chris mengaku band tidak ingin terus-menerus mengeluarkan album.

“Karena lebih sedikit lebih baik. Dan bagi sebagian kritikus kami, lebih sedikit akan lebih baik lagi,” ujar Chtis.

“Sangat penting bagi kami untuk memiliki batasan itu,” imbuhnya.

Lebih jauh, Chris mengambil contoh lain mengapa ia menyebut lebih sedikit album jadi lebih baik untuk Coldplay.

“Hanya ada tujuh (buku) ‘Harry Potter’. Hanya ada 12 setengah album Beatles, jumlah yang sama untuk Bob Marley. Selain itu, adanya batasan itu berarti kontrol kualitasnya sangat tinggi saat ini, dan untuk sebuah lagu bisa berhasil, itu hampir mustahil, yang merupakan hal yang hebat,” tuturnya.

“Saya tidak ingin, ketika kami berusia 60 tahun, menjadi seperti, ‘Will (Champion], kami membutuhkanmu. Ayo! Kami bisa melakukan yang lebih baik dari ini!’”

Meski punya rencana berhenti menghasilkan album studio, Chris memastikan Coldplay tidak akan berhenti menghasilkan karya musik lain.

Chris Martin juga tidak menutup kemungkinan adanya proyek musik lain antara dia dan personel lain.

"Jadi, jika kami melakukan sesuatu bersama, setelah itu secara kreatif di luar tur, maka itu akan menjadi sesuatu yang berbeda, atau itu akan menjadi hal sampingan, atau itu akan menjadi kompilasi dari hal-hal yang belum kami selesaikan," tandasnya.