Bagikan:

JAKARTA - Kabar baik bagi para penikmat musik, khususnya mereka yang menyukai rilisan fisik. Efek Rumah Kaca (ERK) menghadirkan format vinyl untuk album terakhirnya, “Rimpang”.

Diluncurkan bersama perusahaan rekaman demajors hari ini, Jumat, 30 Agustus, “Rimpang” dalam format vinyl hadir dalam dua versi, yaitu regular (black) dan limited edition (clear).

Adapun peluncuran vinyl disertai dengan rangkaian acaranya yang meliputi sesi meet and greet, siaran langsung ERK di Synchronize Radio dalam program Jalan Sore-Sore, dan sesi memainkan lagu-lagu dari piringan hitam oleh para personel.

Cholil Mahmud menyambut baik peluncuran vinyl. Pentolan ERK itu melihat kehadiran format baru akan memberi pendengar alternatif lain untuk menikmati “Rimpang”.

“Karena Rimpang adalah album terakhir saat ini, jadi selera estetika kami memang sedang ada di situ,” ujar Cholil Mahmud dalam keterangannya, Jumat.

“Tentunya senang sekali dengan hadirnya vinyl ini, ragam kehangatan dalam mendengarkan album Rimpang pun bisa banyak caranya. Bisa melalui platform streaming digital, CD, dan sekarang akhirnya vinyl,” lanjut sang vokalis.

Adapun, album “Rimpang” diinspirasi dari teori rhizome oleh Deleuze dan Guattari, yang merupakan gambaran tentang betapa harapan-harapan, baik yang kecil maupun besar, muncul secara acak, tak linier, tanpa hirarki, dan dalam berbagai situasi menjalar secara diam-diam.

“Heroik” menjadi single pertama dari album ini, sekaligus perkenalan atau kisi-kisi arah musikal ERK berikutnya. Selanjutnya, “Fun Kaya Fun”, focus track dalam album ini, dibawakan bersama Suraa dari Cempaka Surakusumah yang kerap membantu ERK tampil di banyak panggung.

Pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2023, Rimpang masuk dalam nominasi Album Alternatif Terbaik dan single “Fun Kaya Fun” menjadi terpilih dalam nominasi Duo/Grup/Kolaborasi Alternatif Terbaik.

Bagi para penggemar yang tidak berkesempatan hadir di acara peluncuran, vinyl album Rimpang versi regular (black) akan tersedia mulai 31 Agustus 2024 di seluruh jaringan edar dan website demajors. Sementara untuk versi limited edition akan menyusul dalam waktu dekat.