Bagikan:

JAKARTA - Leony (Trio Kwek Kwek) dan Ria Enes bersepakat bahwa lagu anak masih sangat dibutuhkan, meski generasi telah berganti.

Dua penyanyi yang sangat dikenal anak-anak di tahun 1990an itu meyakini bahwa lagu anak masih diperlukan selama masih ada ibu-ibu yang melahirkan.

“Kebutuhan memang selalu ada, cuma memang generasi berubah, kesukaan anak-anak juga berubah. Kita nggak bisa samain anak-anak ‘90an sama sekarang,” kata Leony saat ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan baru-baru ini.

“Kita kasih lagu kita dulu ke anak sekarang mungkin terlalu simple, tapi bisa kok dicari yang sesuai dengan zamannya. Karena memang generasi berubah,” lanjutnya.

Leony melihatnya sebagai sesuatu yang wajar, seperti halnya ketika dirinya masih kecil, yang enggan mendengar lagu-lagu anak dari generasi sebelumnya.

“Kayak kita juga gak bisa dengerin lagu orang tua kita dulu. Ya itu PR (pekerjaan rumah) kita bersama lah, karena anak-anak akan selalu ada,” katanya.

Lebih lanjut, Ria Enes melihat aransemen musik untuk lagu-lagu anak seharusnya bisa menyesuaikan zamannya. Satu hal yang harus dipertahankan adalah isi dari lirik lagu.

“Yang jelas apa yang dibilang lagu anak itu kan liriknya sesuai dengan anak-anak, kalau musiknya sih musik apa aja, mau dangdut juga bisa jadi lagu anak,” ujar Ria.

“Jadi yang dilihat itu liriknya, pantas dengan usianya, ada pendidikan dan nilai-nilai yang bisa dipetik di situ,” imbuhnya.

“Kenapa lirik itu penting? Karena anak-anak itu makhluk yang sangat penasaran. Saat dia menyanyikan lirik, dia akan tanya, dia akan cari tau. Jadi pas lirik-lirik itu tidak baik untuk dia, ya itu yang bahaya,” pungkas Leony.