Bagikan:

JAKARTA - Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak musisi dari negara-negara Asia Tenggara yang menggelar konser di Indonesia.

James Alyn, eks personel HYBS dari Thailand yang beberapa waktu lalu debut sebagai solois jadi salah satu musisi yang punya pengalaman berkesan saat menggelar konser di Indonesia.

Alyn tidak menyangkal jika Indonesia disebut sebagai pasar musik yang besar di kawasan Asia Tenggara, mengingat jumlah penduduknya jauh lebih banyak dibandingkan negara-negara lain.

“Saya rasa ada banyak musisi bagus di Indonesia. Jadi, saya rasa tidak mengherankan jika pasar musiknya juga bagus,” kata James Alyn saat wawancara dengan VOI secara virtual baru-baru ini.

“Saya rasa ada banyak potensi. Orang-orang pun punya selera musik yang bagus, dan mereka sangat antusias dengan konser. Saya rasa peluangnya sudah terbuka,” lanjut Alyn.

Dengan pengalamannya di masa lalu, Alyn menyatakan dirinya tidak akan menolak jika diminta untuk kembali menggelar konser di Indonesia.

Lebih jauh, Alyn juga melihat konektivitas pelaku musik di Asia Tenggara sudah berjalan dengan cukup baik. Dari pengalamannya sejauh ini, dia merasa beruntung bisa bertemu dengan orang-orang dari berbagai kebudayaan berbeda.

“Gila, sekitar dua atau tiga tahun lalu, saya kira bisa tur ke banyak negara dan menjangkau banyak penggemar di seluruh dunia hanyalah mimpi. Dan sungguh, mimpi saya baru saja menjadi kenyataan,” tutur Alyn.

“Gila sekali, saya bisa bekerja dengan banyak musisi berbakat, tur ke banyak negara hebat, dan merasakan budaya mereka,” imbuhnya.

“Ya, bisa membuat musik yang saya sukai dan bisa menjadikannya sebagai pekerjaan, mencari nafkah, itu saja yang bisa saya minta. Jadi, saya merasa sangat diberkati dan saya menghargai semua orang yang mendukung saya, mendengarkan saya saat ini. Saya merasa apapun yang terjadi, sungguh seperti mimpi berada di posisi saya saat ini.”