Bagikan:

JAKARTA - Keindahan sebuah karya lazimnya datang dari kerja sama solid antara penyanyi, musisi hingga produser musik. Berkat kolaborasi inilah, tak jarang lahir karya-karya berkualitas yang mencuri perhatian.

Industri musik Tanah Air terus melahirkan sosok-sosok hebat di balik dapur rekaman. Atas campur tangan mereka, para penyanyi bisa lebih menggali potensi mereka lebih jauh lagi.

Produser musik juga punya satu tugas utama, yakni untuk men-translate ide dari sang penyanyi untuk diwujudkan dalam komposisi. Kesinambungan inilah yang jadi penentu akan sekeren apa karya musik tersebut.

Berikut ini adalah para musisi yang berjasa melahirkan karya-karya populer dan berkualitas di Tanah Air. Bisa sebutkan hasil karya mereka yang selama ini berseliweran di medsos?

Laleilmanino

Diperkuat tiga musisi flamboyan, Laleilmanino telah bekerja sama dengan banyak penyanyi. Perpaduan ide dari Lale dan Ilman dari Maliq & D'Essentials, serta Nino dari RAN menjadi kombinasi yang jitu.

Beberapa project mereka mencuri perhatian di kancah musik, seperti project solo Armand Maulana, lagu-lagu para jebolan Indonesian Idol seperti Tiara dan Salma, hingga menulis lagu JKT48 yang ikonis, Rapsodi.

Petra Sihombing

Tak kalah mencuat, Petra Sihombing juga makin banyak dipercaya menjadi produser musik. Kematangannya dalam mengulik musik membuahkan bebeerapa tembang populer.

Namanya tercatat sebagai produser di beberapa lagu Kunto Aji, Tulus, Rendy Pandugo hingga Bernadya. Selain itu ia juga memproduseri banyak karyanya sendiri sebagai penyanyi solo.

S/EEK

Salah satu unit produser yang menarik perhatian adalah S/EEK. Diperkuat Marco Steffiano, Josh Kunze, Jessi Mates dan Adrian Kitut, mereka banyak menangani artis-artis muda berbakat.

Mulai dari Ashira Zamita, Mark Natama hingga Mahalini telah merasakan kerja sama apik dengan S/EEK. Termasuk juga lagu terbaru Keisya berjudul Tersemogakan turut melibatkan tangan dingin para produser ini.