Bagikan:

JAKARTA - Meda Kawu dan Duta Pamungkas berkolaborasi lewat karya berjudul “Untuk Hati Yang Lelah” yang dipilih menjadi original soundtrack (OST) film Romeo Ingkar Janji yang akan tayang pada tanggal 25 Juli mendatang.

“Untuk Hati Yang Lelah” merupakan lagu adaptasi dari “Silent Saturday”, single yang pernah dirilis di tahun Meda dan Duta di tahun 2020.

Dipilihnya lagu ini menjadi OST Romeo Ingkar Janji bermula pada tahun lalu, ketika proses syuting film sedang berjalan. Rumah produksi Adhya Pictures dan Creative Power Management menghubungi Meda karena tertarik menggunakan lagu "Silent Saturday" sebagai original soundtrack, namun mereka meminta lagu tersebut diubah menjadi versi bahasa Indonesia.

Mengubah lirik dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia jadi tantangan tersendiri bagi Meda sebagai penulis lagu. Berbagai pendekatan dilakukan, hingga akhirnya lagu berhasil diubah ke dalam versi yang lebih sesuai dengan film.

"Menyusun Silent Saturday ke dalam bahasa Indonesia sangatlah menantang. Setelah brainstorming, kami memutuskan untuk menggubah semua bagian kecuali reff yang tetap dalam bahasa Inggris. Kami menemukan feel yang berbeda dari tema 'rest' pada lagu Silent Saturday versi bahasa Indonesia, dan kami harap ini lebih menyentuh banyak orang, terutama bagian bridge. Bagian ini mewakili keadaan manusia post-pandemic yang cenderung cepat lelah secara mental," tutur Meda Kawu dalam keterangannya, Senin, 15 Juli.

Lebih jauh, Duta bercerita bagaimana dirinya dan Meda memaknai kembali “Silent Saturday”, yang bisa disebut sebagai karya terbaik mereka sampai saat ini.

"Lagu Silent Saturday adalah simbol untuk 'istirahat', dan menerjemahkan istilah ini ke dalam bahasa Indonesia yang pas tidaklah mudah. Namun, kami merasa frasa 'Hati yang lelah' sesuai dengan lirik lagu dan cocok dengan penggambaran tokoh utama di film,” kata Duta Pamungkas.

"Untuk Hati Yang Lelah, kami harap tidak sekadar menjadi soundtrack film saja, namun karya yang menemani pendengar dalam perjalanan mendalam menuju ketenangan hati," lanjut Duta.

Sebagai informasi, “Untuk Hati Yang Lelah” dari Meda Kawu dan Duta Pamungkas sudah dapat didengar di berbagai layanan streaming digital di Indonesia.