Bagikan:

JAKARTA - Banyak orang mendefinisikan musik The Beatles sebagai fundamental lahirnya musik-musik di era berikutnya. Tak pandang genre, band asal Liverpool itu berhasil menginspirasi musisi pop hingga death metal.

Salah satu yang mengakui pengaruh The Beatles adalah Geezer Butler. Bassist Black Sabbath itu menceritakan besarnya influence yang ia rasakan dari seniornya tersebut.

"Mereka adalah influence yang sangat kuat, karena tidak ada yang seperti mereka di zaman itu," ujar Geezer dalam wawancaranya dengan WRKR, dilansir dari NME.

Ia membandingkan eksistensi John Lennon dkk dengan nama-nama lain yang juga populer saat itu, seperti Elvis Presley. Namun soal band rock dari Inggris, The Beatles hanya satu-satunya.

"Saat itu kakak-kakakku menyukai Elvis (Presley) dan Eddie Cochran hingga Buddy Holly, musik yang semacam itu. Tidak ada band rock asli dari Inggris," tuturnya.

The Beatles punya ciri khas yang kuat dari berbagai sisi, mulai dari persona, sound design dan penampilan. Geezer Butler sangat terkesan dengan orisinalitas mereka.

"Semua band rock n roll saat itu berusaha meniru Amerika, dan tak ada yang berhasil. Lalu saat Beatles muncul, mereka punya sound yang sangat original," jelas musikus 74 tahun itu.

Lebih lanjut Butler punya ikatan personal, karena rumahnya dekat dengan Liverpool. Sebagai sesama musisi Inggris, kehadiran Beatles merupakan harapan positif terhadap industri musik Britania.

Pada akhirnya, ia juga merasa lebih cocok dengan sound dan referensi musik lawas ketimbang yang baru. Menurutnya ia lebih bisa relate dengan hal-hal yang familiar, yang jadi inspirasi karyanya bersama Black Sabbath dan project lain.