Bagikan:

JAKARTA - Nama besar Rossa sebagai solois wanita Indonesia didapat lewat perjuangan panjang. Sejak kecil, pelantun “Terlalu Cinta” itu sudah berlatih keras untuk menjadi seorang penyanyi.

Rossa menyebut kesukaannya dengan dunia tarik suara sudah ada sejak masih anak-anak. Berkat bimbingan sang ibu yang juga seorang penyanyi, ia harus menjalani latihan yang tidak mudah.

“Mamaku kan dulu penyanyi daerah, aku wajib untuk latihan. Satu hari itu dua jam latihannya,” kata Rossa kepada awak media di Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Juli.

“Dulu aku suka banget sama Nicky Astria dan Anggun, jadi aku harus mencapai nada setinggi itu waktu aku SD,” lanjut Rossa.

Tidak hanya latihan vokal, Rossa mengaku sudah diajarkan untuk disiplin dan menjaga pola hidup sehat untuk mendukung kemampuan bernyanyi.

“Dari aku bangun tidur jam lima, sholat, kemudian olahraga. Alhamdulillah sampai sekarang jadinya sehat. Dan aku juga olahraga pernafasan, jadi selama 30 menit itu khusus olahraga pernafasan. Dihitung selama berapa menit aku tahan nafas, ternyata itu berguna ketika aku nyanyi, aku bisa nyanyi dengan nafas yang cukup panjang,” tutur penyanyi 45 tahun itu.

Meski saat ini jadi salah satu solois wanita yang dihormati, Rossa mengaku tidak selalu menang ketika mengikuti perlombaan. Namun begitu, semua yang dilalui sejak kecil menjadi pembelajaran berharga di kemudian hari.

Bagian perjalanan Rossa dalam membangun karier musiknya akan hadir dalam film dokumenter "All Access to Rossa 25 Shining Years". Film ini akan tayang di bioskop mulai 1 Agustus mendatang.