Bagikan:

JAKARTA - Setelah menyelesaikan rangkaian pertunjukan di Inggris, termasuk Glastonbury Festival, Voice of Baceprot (VoB) akan bertolak ke Ubud, Bali untuk menghadiri lokakarya yang diselenggarakan oleh IKLIM (The Indonesian Climate Communications, Arts & Music Lab).

VoB akan bergabung dengan 14 musisi atau grup musik lainnya untuk lokakarya dan serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mendorong kolaborasi antara pelaku musik, pakar, serta organisasi iklim dan lingkungan, guna meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang krisis iklim untuk mendorong perubahan yang signifikan dan berkelanjutan.

Adapun, lokakarya bertema “Aktivisme Musik & Lingkungan” dilaksanakan pada tanggal 1-5 Juli di beberapa lokasi di Ubud, Bali. Selain VoB, musisi dan grup musik lain yang terlibat adalah Asteriska, Bsar, Daniel Rumbekwan, DJ Bachoxs, Down For Life, Efek Rumah Kaca, Jangar, Las!, Matter Mos, Petra Sihombing, Poker Mustache, Rhosy Snap, The Vondallz, dan Wake Up Iris.

Nova Ruth sebagai musisi yang tergabung dalam IKLIM menjadi fasilitator yang akan berbagi tentang bagaimana Arka Kinari menyampaikan pesan krisis iklim melalui musik.

“Musik memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan mendesak tentang krisis iklim. Melalui IKLIM, kami bertujuan menginspirasi tindakan dan meningkatkan kesadaran melalui ekspresi kreatif,” kata Nova Ruth dalam keterangannya, Rabu, 3 Juli.

Selama lokakarya, peserta akan membahas isu-isu krisis iklim, solusi energi terbarukan, serta dampak penggunaan batubara terhadap polusi udara dan emisi CO2. Seluruh musisi juga akan berkesempatan untuk memperdalam keterampilan dalam menyusun narasi yang menarik tentang krisis iklim dan solusinya untuk mempengaruhi persepsi dan tindakan masyarakat.

Selain itu, para musisi juga akan melakukan penanaman pohon bersama untuk mengimbangi emisi karbon yang dihasilkan dari perjalanan mereka dari kota asal ke Bali.

Sebagai informasi, IKLIM yang dibentuk pada tahun 2023 merupakan sebuah kolektif musisi dan seniman yang berkomitmen untuk aksi iklim. Mereka memiliki misi untuk memperkuat dialog tentang iklim melalui musik.