Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, dunia maya dihebohkan oleh aksi drumer sekaligus YouTuber asal Indonesia yang memainkan lagu Dream Theater, Metropolis - Part I: The Miracle and the Sleeper. Kini, bekas drumer band progressive metal asal Amerika Serikat itu, Mike Portnoy, memberi tanggapan.

Memainkan lagu milik band atau musisi idola bukanlah hal aneh. Di dunia maya, sudah banyak berseliweran. Tapi, yang dilakukan pria bernama Deden Noy ini beda dari yang lain. Set drum yang digunakannya tidak lazim.

Deden Noy, memainkan lagu yang bersemayam dalam album Images and Words (1992) itu dengan drum buatan sendiri. Atau istilah kerennya 'homemade kit'. Terdiri dari galon air mineral dan ember bekas cat yang ditutupi lakban, lalu simbalnya menggunakan kaleng bekas panci dan alat kukus.

Kocaknya, di kedua simbal tersebut masing-masing tertulis 'Pasti' dan 'Gajian' pelesetan dari dua brand simbal terkenal, Paiste dan Zildjian. 

Ini bukan kali pertama Deden Noy memainkan lagu Dream Theater. Sebelumnya, ia juga memainkan lagu Under A Glass Moon, Take the Time, Constant Motion, Overture 1928, Strange Deja Vu, Ytse Jam, dan The Dance of Eternity. Namun, kali ini terasa spesial lantaran ditanggapi oleh yang punya lagu.

Melalui akun media sosialnya, drumer yang meninggalkan Dream Theater pada September 2010 ini mengungkap dirinya menerima ratusan atau bahkan ribuan pesan dan tag dari seluruh dunia yang ingin dirinya melihat permainan Deden Noy.

"Selama beberapa pekan terakhir, saya menerima RATUSAN (bahkan mungkin ribuan?) pesan, tag, dan lainnya dari masyarakat seluruh dunia mengirim link (Youtube) @dedennoy memainkan banyak lagu saya menggunakan drum buatan sendiri," tulis Portnoy.

Selain memberikan pujian, Portnoy berjanji akan menghadiahi Deden Noy drum Tama dan simbal Sabian.  

"Bakatnya memang luar biasa dan saya sedang berusaha untuk memberinya kit dan simbal baru dengan dukungan luar biasa dari @officialtamadrums dan @sabiancymbals_official," janji musisi yang punya banyak proyek musik ini.

"Kami akan terus mengabari kalian..."

Tak ayal, postingan Portnoy mengundang reaksi positif warganet. Sebagian besar dari Indonesia, di antaranya drumer-drumer kelas wahid Tanah Air seperti Gusti Hendy (GIGI) dan Ikmal Tobing.

"Indonesia always creative," tulis Iikmal.

"Gila emang ini," kata Hendy yang dilengkapi emoji hati.