Bagikan:

JAKARTA - Sebagai penulis lagu yang cukup sukses lewat “Bercinta Lewat Kata”, Donne Maula mengaku beberapa kali diminta menulis lagu untuk dibawakan penyanyi lain.

Berdasarkan pengalamannya itu, Donne melihat adanya permasalahan dimana seorang penyanyi tidak benar-benar tahu lagu seperti apa yang dibutuhkan.

“Kebanyakan yang saya temui adalah penyanyi itu kadang-kadang nggak tahu apa yang dia butuhkan sebenarnya. Yang dia mau, dia kasih tahu, tapi yang sedang dia butuhkan sekarang, dia nggak tahu,” kata Donne Maula di Thamrin, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Oleh karenanya, suami Yura Yunita itu memilih untuk menemui langsung si penyanyi sebelum menuliskan lagunya.

“Saya perlu ketemu dulu sama orangnya. Bukan milih-milih, tapi saya nggak bisa nulis lagu untuk orang lain, terus ngarang tentang sesuatu gitu,” ujar Donne.

“Karena menurut saya, lagu sama penyanyi itu kayak Harry Potter sama tongkatnya. Lagu itu memilih penyanyinya dan penyanyi akan memilih lagunya. Itu harus saling berkaitan, karena nggak mungkin dipisahkan,” sambungnya.

Sejauh ini, Donne merasa cukup berhasil dengan caranya itu. Setelah bicara langsung dengan si penyanyi, dia akan diam-diam menulis lagu berdasarkan kegelisahan yang didengarnya dari si penyanyi.

“Jadi, saya bikin diam-diam lagunya. Dan ketika dikasih ke penyanyinya, biasanya akan bilang 'Iya lagi, ini yang paling gue butuhin sekarang',” pungkasnya.