Donne Maula Rilis Menjadi Manusia, Sisi Rapuh Jiwa dalam Kegalauan Batin
Donne Maula (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Donne Maula merilis karya solo terbaru berjudul Menjadi Manusia. Menjadi Manusia bukanlah karya musik pop yang biasa dirilis oleh Donne, karena lagu ini tidak hanya menyingkapkan transisi kreatif Donne biasanya mengeksplorasi ranah musik soft pop, tetapi juga penghayatan jiwanya yang sarat akan kerapuhan.

Berdurasi 3 menit dan 53 detik, lagu ini dikemas sebagai bentuk pengakuan diri Donne yang kerap memendam tekanan mental, kecemasan dan kegalauan batin. "Terus terang saja, sesungguhnya saya masih merasa takut untuk merilis lagu Menjadi Manusia ini," ujar Donne dikutip dari ANTARA, Senin, 24 Oktober.

Donne mengatakan karya ini berakar dari sebuah peristiwa yang terjadi sekitar tahun 2011, di mana hati dan jiwanya terasa kebas dan mati suri. Dia mengaku tanpa sadar selama ini selalu memendam perasaan sakit hati hingga sulit melihat harapan di dalam hidupnya.

Menjadi Manusia l diaransemen dengan musik yang syahdu namun kelam. Donne memaklumi jika audiens musik Indonesia akan merasa terkejut dengan karya terbarunya ini, khususnya bagi yang mengharapkan lagu romansa seperti Sejuk dan Menari Sampai Tua.

"Bisa dibilang ini merefleksikan gejolak dan kemelut yang ada di dalam kepala saya. Mungkin saja lagu ini juga bisa menjadi cermin bagi semua orang yang sedang berjuang melawan gejolak yang sama," kata Donne.

Donne berharap Menjadi Manusia sanggup mematahkan stereotip kaum Adam yang seolah-olah dipaksa untuk senantiasa menjadi ksatria bermental baja. Menjadi Manusia sudah bisa didengarkan di seluruh platform musik digital.

Donne Maula merupakan seorang penyanyi, penulis lagu dan produser. Dia memulai perjalanan karirnya sebagai solois dengan "Menari Sampai Tua" pada 2019.

Talenta Donne sebagai musisi kemudian menuai kepercayaan untuk menggarap karya-karya wahid oleh para musisi Indonesia terbaik di era modern ini, di antaranya Yura Yunita, Misellia, Tiara Effendy, dan Rizky Febian.

Donne juga baru mendapat penghargaan untuk Pencipta Lagu Pop Terbaik lewat karya Tutur Batin pada ajang Anugerah Musik Indonesia 2022.