Bagikan:

JAKARTA - “Kita sama-sama tahu lah, top of mind masyarakat Indonesia pasti Om Iwan kalau kita bicara everlasting. Kualitasnya menyala dari waktu ke waktu.”

Kalimat itu diucapkan Fabio Junot Ardelto selaku Gaung Merah representative, saat ditemui di Pasar Baru, Jakarta Pusat baru-baru ini. Dia bicara soal keputusan Gaung Merah SeGALAnya yang kembali membawa Iwan Fals untuk tampil keliling Indonesia.

Tahun lalu, Iwan Fals dan Gaung Merah SeGALAnya sudah berkeliling ke 10 kota, dan tahun ini akan mengunjungi 25 kota, yaitu Cirebon, Tasikmalaya, Kotabumi, Palembang, Dumai, Padang, Pontianak, Manado, Palu, Makassar, Lhokseumawe, Padang Sidempuan, Pematang Siantar, Denpasar, Jember, Kediri, Surabaya, Magelang, Solo, Tegal, Purwokerto, Bogor, Serang, dan Jakarta.

Fabio Junot menyebut pemilihan kota di atas punya pertimbangan tersendiri, di mana semuanya sudah memiliki kedekatan emosional dengan Gaung Merah. Mereka juga ingin menyapa masyarakat yang sudah rindu bertemu langsung dengan Iwan Fals.

“Tahun lalu kita udah banyak di ibukota provinsi, karena penggemarnya Om Iwan dan yang kita targetkan untuk everlasting itu bukan cuma ibukota provinsi, masyarakat yang di luar ibukota provinsi juga datangi. Pasti banyak lah penggemarnya Om Iwan,” kata Fabio Junot.

Iwan Fals juga melihat baik kunjungan Gaung Merah ke kota dan kabupaten yang terbilang jarang ditemui gelaran besar, sebut saja Pematang Siantar, Kotabumi, Dumai, Lhokseumawe, dan Padang Sidempuan. Menurutnya, masyarakat di sana juga punya kebutuhan yang sama akan adanya hiburan.

“Kan orang Pematang Siantar juga tahu lagu ‘Kemesraan’, ‘Izinkan Aku Menyayangimu’ dan lagu lain. Apalagi sekarang dunia sudah di jempol. Saya pikir kebutuhan manusia di manapun sama,” ujar Iwan Fals.

Bahkan, pelantun 'Sarjana Muda' itu menyatakan kesiapannya jika harus tampil ke daerah yang lebih jauh dari perkotaan. Baginya, bertemu dengan orang dari kebudayaan berbeda jadi pengalaman tersendiri yang begitu berharga.

Masih sama dengan gelaran tahun lalu, Gaung Merah juga menargetkan bukan hanya penggemar Iwan Fals, tapi juga masyarakat yang lebih luas, khususnya kalangan anak muda. Mengingat semangat gelaran ini juga untuk mengapresiasi karya-karya Indonesia yang everlasting,

“Kalau target (penonton), kita ingin sebanyak-banyaknya tahu (acara ini) dan menyampaikan pesan ini bersama Om Iwan. Kalau tahun lalu, kita kurang lebih 20-45 ribu penonton, rata-ratanya 25-30 ribu, jumlah tertinggi di 45 ribu,” ujar Fabio.

“Untuk penonton memang dibatasi, anak-anak nggak boleh, harus 18 tahun ke atas. Tapi tahun lalu banyak yang muda-muda, dan mereka tahu lagu saya. Berharapnya tahun ini juga banyak anak-anak muda datang. Karena dengan melihat mereka saya jadi semangat lagi,” timpal Iwan.

Iwan Fals tidak tampil sendiri, Gaung Merah SeGALAnya juga akan membawa tamu istimewa seperti T’KOOS Band serta penyanyi ternama lainnya. Dengan konsep "One Stop Entertainment of Everlasting Experience", gelaran ini juga akan diisi dengan pemutaran film dan sajian kuliner khas Indonesia.

Gaung Merah SeGALAnya akan dilangsungkan di setiap kota dengan memilih lapangan terbuka sebagai lokasi penyelenggaraan. Mereka ingin siapapun yang hadir bisa menikmati acara dengan nyaman dan aman.

“Kalau dari tahun lalu sampai nanti yang akan berjalan, pasti kenyamanan dan keamanan yang selalu kita coba pegang dan pastikan bersama dengan semua kru yang berjalan,” kata Fabio.

Gaung Merah SeGALAnya 2024 akan dibuka di Sukabumi, pada 8 Juni 2024. Acara akan terus berlanjut ke kota dan kabupaten yang telah disebut hingga Februari 2025. Informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui akun Instagram resmi Gaung Merah di @gaung_merah.