Bagikan:

JAKARTA - Ratu musik pop, Cher diputuskan sebagai pemegang hak atas katalog dari lagu-lagu Sonny & Cher. Dia dinyatakan menang dari Mary Bono, istri terakhir mendiang Sonny Bono, yang merupakan mantan suaminya.

Adapun, Cher dan Sonny Bono merupakan duo folk yang populer di Amerika Serikat pada era 1960an dan 190an. Keduanya menikah di tahun 1964 dan dikenal sebagai duo pasangan suami-istri

Sonny & Cher mencetak beberapa lagu terkenal, seperti “Baby Don't Go”, “The Beat Goes On” dan “I Got You Babe”. Mereka juga dikenal sebagai bintang televisi masa itu.

Setelah sembilan tahun berumahtangga, Sonny dan Cher bercerai pada tahun 1975. Karier duo Sonny & Cher pun merosot sejak saat itu.

Perceraian membawa keduanya kepada jalan yang berbeda. Cher melanjutkan karier solonya yang sangat sukses sementara Sonny beralih ke dunia politik.

Sonny kemudian menikahi Mary, istri ketiganya, pada tahun 1986, dan meninggal 12 tahun kemudian dalam kecelakaan ski.

Menurut Billboard, Cher dan Sonny menyetujui proses perceraian mereka dengan pembagian 50/50 dari pendapatan penerbitan dari materi yang mereka rekam bersama.

Cher terus menerima bagian pembayaran royalti milik Sonny setelah kematiannya.

Namun pada tahun 2016 Mary meminta hak dari mendiang suaminya diberikan padanya. Dia berupaya untuk mendapatkan kendali penuh atas kekayaan intelektual Sonny.

Pada tahun 2021, Cher berhenti menerima pembayaran royalti, dan pada saat itu dia mengajukan gugatannya, hingga dia kembali dinyatakan menang atas gugatan tersebut.