Bagikan:

JAKARTA - Dengan kreativitas sebagai unsur utama, musik menjadi hal yang sangat menarik dan tidak akan habis untuk terus dibahas. Belum lagi, jika kreativitas itu disandingkan dengan ilmu pengetahuan, maka akan muncul hal-hal baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Itulah yang bisa dilihat dari apa yang dilakukan Martin Noble-James, seorang petani dari Felbrigg Hall dekat Cromer, Norfolk, Inggris.

Martin membuat synthesizer untuk bereksperimen membuat musik dari tanaman, yang kemudian musiknya itu dinamai bio-sonifikasi. Dia pun berniat membawa hasil eksperimennya itu ke hadapan penonton secara langsung, dengan

“Saya benar-benar ingin melakukannya secara langsung. Langsung saja pasang tanamannya dan lihat apa yang terjadi,” kata Martin Noble-James, mengutip BBC, Kamis, 30 Mei.

Adapun, eksperimen Martin melibatkan pemasangan elektrode pada tanaman untuk menangkap impuls listrik yang dapat diubah menjadi suara.

"Saya tertarik untuk membuat musik dimana saya tidak memiliki kendali, berkolaborasi dengan sesuatu yang tidak menyadari peran artistiknya dan membagikannya kepada penonton langsung,” tutur Martin.

Bio-sonifikasi sendiri merupakan proses menerjemahkan impuls listrik yang dihasilkan semua makhluk hidup menjadi suara. Model ini melibatkan pemasangan elektrode ke tanaman yang mengambil impuls listrik yang masuk ke dalam sintesis.

Martin menjelaskan bahwa perubahan pada tanaman, seperti memetik daun atau menyiramnya, dapat mengubah suara yang dihasilkan, karena proses kimia di dalamnya berubah.

“Pembangkit listrik hanya menghasilkan tegangan dan anda dapat melakukan segala hal dengan tegangan tersebut,” katanya.

Martin Noble-James dijadwalkan melakukan perjalanan keliling Norfolk musim panas ini. Dia akan membawakan bio-sonifikasi kepada penonton di Felbrigg Hall dan Blickling Estate.