Bagikan:

JAKARTA - BAALE, proyek musik solo Iqbaal Ramadhan resmi meluncurkan album penuh perdana dengan tajuk “FORTUNA” pekan lalu. Ini menjadi pertanda untuk petualangan barunya dalam bermusik.

Iqbaal menyebut album “FORTUNA” menggambarkan dengan jelas karakter musiknya, yang notabene sangat menggemari karya dari band-band britpop di tahun 1990an.

“Ketika aku masih di Coboy Junior pun aku nguliknya itu ya lagu-lagunya band tahun 1990an. Jadi, memang ini musik-musik yang aku dengerin,” kata Iqbaal Ramadhan saat konferensi pers di Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu, 29 Mei.

BAALE memang menjadi proyek solo Iqbaal, namun ia dengan jelas mengusung konsep band, baik saat rekaman maupun dalam aktivitas panggungnya ke depan.

Adapun, “FORTUNA” diawali dengan peluncuran tiga single awal pada 19 April lalu, yaitu “Cinta Luka Sempurna”, “Fortuna”, dan “Di Bawah Lampu”.

Dalam penggarapannya, Iqbaal menyebut hanya melibatkan orang-orang yang dikenal dekat. Pasalnya, ia ingin karya-karya yang dihasilkan sesuai dengan keinginannya ketika berpikir untuk mengusung BAALE.

Album “FORTUNA” dari BAALE yang dirilis 24 Mei berisikan sebelas lagu hasil karya Iqbaal Ramadhan, dengan bantuan Hendra Jaya Putra sebagai produser dan Lucky Sarwo sebagai co-produser.

Selain itu, pengerjaan album “FORTUNA” juga melibatkan musisi lain, seperti Vincent Rompies, Randy Danistha, Rio Alief, Kafin Sulthan, Rey Tobink, Jozz Felix, Dinda Kamil, dan Sesa Nasution.

Sementara, Ardi Gunawan (seniman visual) dan Lunarsaea (perancang visual) menyumbangkan karyanya untuk kebutuhan artwork.