Bagikan:

JAKARTA - Lewat BAALE, Iqbaal Ramadhan menjalani proyek musik solonya. Dia juga sudah merilis album debut bertajuk “FORTUNA” dan akan menjalani tur ke tujuh kota di Pulau Sumatera.

Menurut Iqbaal, BAALE adalah proyek musik yang menampilkan dirinya apa adanya sebagai musisi. Dalam kata lain, BAALE adalah proyek musik yang menunjukkan idealisme Iqbaal.

Sebagaimana diketahui bahwa Iqbaal sangat menggemari band-band britpop, bahkan sempat tergabung dalam sebuah band sebelumnya. Lewat Baale, eks Coboy Junior ini ingin tampil dengan konsep band.

“Tidak mungkin BAALE membawakan lagunya pakai minus one. BAALE itu adalah solois yang konsepnya band, yang kalau di panggung ada tujuh orang,” kata Iqbaal saat konferensi pers di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 29 Mei.

Konsep band ini juga akan dibawa BAALE dalam tur perdananya pada Juli mendatang. Dia akan mengunjungi Lampung (6 Juli), Palembang (8 Juli), Jambi (10 Juli), Padang (13 Juli), Medan (16 Juli), dan Batam (18 Juli).

Akan ada satu pertunjukan lagi yang ditambahkan untuk tanggal 14 Juli, dan Boss Creator sebagai promotor akan mengumumkannya dalam waktu dekat.

Adapun, album “FORTUNA” dari BAALE yang dirilis 24 Mei berisikan sebelas lagu hasil karya Iqbaal Ramadhan, dengan bantuan Hendra Jaya Putra sebagai produser dan Lucky Sarwo sebagai co-produser.

Sebelumnya, BAALE sudah meluncurkan tiga single awal, yaitu “Cinta Luka Sempurna”, “Fortuna”, dan “Di Bawah Lampu”.

Selain Hendra Jaya Putra dan Lucky Sarwo, pengerjaan album “FORTUNA” juga melibatkan musisi lain, seperti Vincent Rompies, Randy Danistha, Rio Alief, Kafin Sulthan, Rey Tobink, Jozz Felix, Dinda Kamil, dan Sesa Nasution.

Sementara, Ardi Gunawan (seniman visual) dan Lunarsaea (perancang visual) menyumbangkan karyanya untuk kebutuhan artwork album perdana BAALE.