Bagikan:

JAKARTA - Eclat Story, band asal Jakarta yang beranggotakan Yeshua Abraham dan Yosua Gunawan berkesempatan untuk melakukan kolaborasi dengan Ada Band lewat aransemen ulang lagu “Masih” dan “Manja”.

Menjalani proses produksi bersama band yang sudah lebih dari dua dekade di industri musik, personel Eclat Story mengaku mendapat pelajaran yang berharga untuk terus bisa bertahan.

Menurut Yeshua, banyak musisi di generasinya yang punya pemahaman keliru. Mereka ingin cepat meraih sukses, mendapatkan pundi-pundi rupiah sebanyaknya, kemudian mundur dari panggung musik.

Pemahaman musisi seperti itu, kata Yeshua, menjadikan proses dalam berkarya tidak lagi menyenangkan.

“Karena kita para Gen Z ini, anak-anak muda, acuannya ingin cepat pensiun dini (dari musik), sukses. Arahnya ke situ. Kita udah kehilangan fun (kesenangan) dalam berproses dan berkarya,” kata Yeshua di Ampera, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Mei.

Melihat bagaimana Ada Band tetap selama 28 tahun, meski beberapa kali berganti personel, Eclat Story memandang seniornya itu dengan penuh hormat. Terlebih, Ada Band punya sebelas studio album dan banyak lagu hit sepanjang kariernya.

“Kami melihat kakak-kakak ini tetap berkarya walaupun bisa dibilang mereka ini udah sukses. Mereka tetap berkarya untuk hidup, have fun, tetap senang, itu yang kami pelajari,” ujar Yeshua.

“Kami mau bermusik sampai tua, nggak jadi pensiun dini. Mereka kan udah keluarkan sebelas album, kita aja baru album kedua udah ngos-ngosan, gimana mereka yang 28 tahun, bayangin, itu sebelas album dari 28 tahun,” pungkasnya.