Bagikan:

JAKARTA - Pencipta lagu Ari Bias melayangkan somasi terbuka kepada Agnez Mo. Penyanyi 37 tahun itu dianggap lalai dan tidak bertanggungjawab karena tidak membayarkan royalti performing rights ketika membawakan lagu “Bilang Saja” dalam tiga konser yang digelar oleh HW Event (sekarang HW Group) tahun lalu.

Adapun, Ari Bias sebagai penulis lagu “Bilang Saja” mengatakan bahwa Agnez Mo tidak membayarkan royalti saat membawakan lagu tersebut. Bahkan, ia sudah mengkonfirmasinya dengan melihat data yang dimiliki oleh Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Tidak hanya Agnez Mo, Ari Bias juga melayangkan somasi tersebut kepada HW Group yang berada dalam naungan PT Aneka Bintang Gading sebagai pihak penyelenggara konser. Somasi tersebut menuntut adanya ganti rugi sebesar Rp1,5 miliar atau Rp500 juta per konser.

“Materi somasi kami adalah, agar mereka ini mempertanggungjawabkan atas penggunaan lagu tanpa izin yang mereka lakukan hampir satu tahun yang lalu, di Mei 2023,” kata Minola Sebayang, kuasa hukum Ari Bias dalam konferensi pers di Kuningan, Kamis, 2 Mei.

Agnez Mo menjadi pihak yang ikut disomasi karena dianggap lalai dan tidak mengingatkan pihak penyelenggara untuk membayarkan royalti performing rights sesuai ketentuan yang berlaku. Minola menyebut pelantun “Overdose” itu tidak memiliki iktikad baik.

“Kalau dilihat, yang menyanyikan itu kan Agnez, bukan HW Group, bukan promotornya. Harusnya Agnez mengingatkan kepada promotornya, 'Lu bayarkan dong kewajiban atas penggunaan lagu ini". Harusnya Agnes kan ada iktikad baik seperti itu,” ujar Minola.

“Jadi, kami anggap Agnez juga melakukan kelalaian. Biarlah ini menjadi tanggung jawab mereka berdua, jadi pembelajaran juga buat mereka berdua, agar lain kali kalau mau melakukan konser lagi, lebih tertib lagi dalam menghargai karya cipta,” lanjutnya.

Terkait jumlah ganti rugi sebesar Rp1,5 miliar yang diminta, pihak Ari Bias merasa nilai tersebut sudah layak. Pasalnya, Ari Bias menyebut tidak pernah menerima royalti performing rights saat Agnez Mo membawakan lagu-lagu ciptaannya.

Oleh karenanya, Ari Bias bahkan melarang Agnez Mo untuk membawakan lagu-lagu ciptaannya. Komunikasi dengan pihak manajemen hingga somasi tertutup juga sudah sempat dilayangkan kepada Agnez dan pihak penyelenggara beberapa waktu lalu, namun tidak ada respon yang didapat.