Bill Wyman Ungkap Alasan Keluar dari The Rolling Stones
Bill Wyman, eks bassis The Rolling Stones (Instagram @bill_wyman_official)

Bagikan:

JAKARTA - Di tengah tur The Rolling Stones, Bill Wyman bicara soal kepergiannya dari band tiga dekade lalu. Dia juga buka-bukaan tentang kehidupannya setelah berpisah dari Mick Jagger cs.

Adapun, Bill Wyman resmi menjadi personel The Rolling Stones pada tahun 1962, dua tahun sebelum album debut diluncurkan. Namun, sang bassis memutuskan mundur dari band dan resmi dinyatakan keluar di tahun 1993.

“Saya pergi pada tahun 1991 tetapi mereka tidak mempercayai saya,” kata Bill Wyman membuka kisahnya kepada Mirror baru-baru ini.

“Mereka menolak menerima kepergian saya. Baru pada tahun 1993, ketika mereka mulai berkumpul untuk melakukan tur pada tahun 1994, mereka berkata, ‘Sekarang kamu sebenarnya sudah pergi, bukan?’ Dan saya berkata, ‘Saya pergi dua tahun yang lalu’,” lanjutnya.

“Mereka akhirnya menerimanya. Jadi, mereka bilang saya pergi pada tahun 1993.”

Wyman menyebut keputusan keluar diambil karena rasa jenuh setelah lebih dari 30 tahun bersama The Rolling Stones. Dia ingin melakukan hal lain di luar band.

“Saya sudah muak. Itu adalah separuh hidup saya dan saya berpikir, 'Saya punya hal lain yang ingin saya lakukan'. Saya ingin melakukan arkeologi, menulis buku, mengadakan pameran foto dan bermain kriket,” kata Wyman.

“Saya biasa membaca tentang budaya kuno saat dalam perjalanan dan juga mengambil foto. Saya baru saja menjalani kehidupan lain yang ingin saya jalani.”

Wyman telah menghabiskan 30 tahun terakhir untuk menulis buku, berburu harta karun sebagai pendeteksi logam, dan mengumpulkan berbagai barang, termasuk perangko, poster musik, hingga buku tahunan Rupert Bear.

“Tumbuh di masa perang, kami tidak mendapat hadiah. Tapi kami punya acara tahunan Rupert Bear yang kami semua bagikan. Saya biasa membacakannya untuk yang lebih muda, kemudian saya mulai mengumpulkannya karena saya tergila-gila pada mereka,” ujarnya.

“Itu adalah sesuatu yang melekat pada saya. Saya memiliki keseluruhan serinya hingga saat ini dan saya memiliki barang-barang lain seperti syal Rupert, lencana, dan perangko. Saya bisa mengisi museum dengan itu. Mungkin suatu hari nanti.”

Sebagai informasi, Bill Wyman sempat kembali di album The Rolling Stones, “Hackney Diamonds” (2023). Dia bermain di lagu “Live By the Sword”. Itu adalah penampilan pertamanya di rekaman The Rolling Stones sejak tahun 1991.