Bagikan:

JAKARTA - Drummer Iron Maiden, Nicko McBrain mengaku dirinya khawatir tidak akan pernah bisa bermain drum lagi, setelah menderita stroke.

McBrain menderita stroke ringan pada Januari yang membuatnya lumpuh sebagian di sisi kanannya, dari bahu ke bawah.

Dia menjalani “terapi intensif” selama 10 minggu dalam upaya untuk kembali ke kekuatan penuh, dan pada Mei dia siap untuk memulai latihan dengan anggota band lainnya, menjelang tur ‘The Future Past’ mereka baru-baru ini.

Kini, dalam wawancara barunya dengan majalah Metal Hammer, dia bercerita tentang pengalamannya. “Itu sangat, sangat sulit,” katanya.

“Saat pertama kali terjadi, saya berpikir, ini dia, saya tidak akan bisa bermain. Saya ada tur dalam waktu tiga bulan. Saya punya banyak waktu untuk refleksi di rumah sakit. Istri saya benar-benar benteng kekuatan dan dorongan saya dan dia selalu bersama saya.”

Dia juga berbicara tentang dukungan yang dia terima dari anggota lain Iron Maiden.

“Sepanjang periode waktu ini, saya berhubungan dengan [bassis Iron Maiden] Steve [Harris]. Tentu saja, semuanya, dan saya sempat mengobrol sedikit dengan mereka melalui telepon dan mereka semua sangat, sangat memberi semangat, dan tidak ada yang lebih dari itu selain Steve,” cerita Nicko.

“Dia berkata, 'Dengar, yang paling penting adalah kamu sembuh dan berusaha untuk memulihkan diri'.”

Pada Agustus, Nicko berbagi informasi tentang masalah kesehatannya dengan mengatakan dia ingin fokus pada penampilannya sebelum menyampaikan berita tersebut kepada penggemar.

“Saya merasa penting untuk memberi tahu kalian tentang hal ini sekarang, bukan sebelumnya, karena saya lebih fokus melakukan pekerjaan saya dan berkonsentrasi untuk kembali ke kebugaran 100 persen,” katanya saat itu.

“Saya belum sampai di sana tetapi berkat Tuhan saya menjadi lebih baik dan lebih kuat seiring berjalannya waktu."

Pada Oktober, Nicko mengungkap dirinya hampir pulih sepenuhnya, dengan mengatakan bahwa dia “85 hingga 90 persen kembali ke kekuatan”, namun mengaku masih mengalami kesulitan dengan kecepatan dan ketangkasan jari-jarinya.