Drumer Iron Maiden, Nicko McBrain Hampir Pulih 100 Persen dari Stroke
Nicko McBrain (Instagram @ironmaiden)

Bagikan:

JAKARTA - Drumer Iron Maiden, Nicko McBrain mengungkapkan dirinya hampir pulih sepenuhnya setelah menderita stroke ringan pada Januari yang membuatnya lumpuh sebagian di sisi kanannya.

Saat tampil dalam Trunk Nation Power Trip Special SiriusXM, seperti yang ditranskripsikan oleh Blabbermouth, musisi berusia 70 tahun itu mengatakan dirinya “85 hingga 90 persen kembali ke kekuatan penuh”, tetapi masih mengalami kesulitan dengan kecepatan dan ketangkasan jari-jarinya.

McBrain juga membahas Tur Dunia 'Future Past' yang sedang berlangsung, yang menandai pertunjukan live pertama mereka sejak perilisan album Senjutsu pada 2021. “Tur ini berjalan dengan baik,” kata McBrain.

“Awalnya sedikit goyah bagi saya, tetapi seiring berjalannya waktu dan semakin banyak pertunjukan yang kami tampilkan, saya mulai mendapatkan sedikit lebih banyak kekuatan dan mereka benar-benar tampil dengan baik. Dan beberapa bulan terakhir ini sungguh luar biasa.”

McBrain mengaku harus menyesuaikan teknik bermain drumnya untuk mengakomodasi keterbatasan fisiknya, bahkan mengubah beberapa fill terkenal di lagu tertentu.

“Beberapa pengisi lagu yang semua orang kenal dengan saya pada lagu tertentu, saya harus mengimprovisasinya saat latihan agar bisa benar-benar memainkan lagu tersebut,” katanya. “Tapi saya pasti menjadi lebih kuat.”

Tak lupa, McBrain memuji manajernya, rekan bandnya, dan penggemar band atas dukungan dan cinta mereka selama proses pemulihannya.

“Mereka benar-benar menunjukkan begitu banyak cinta kepada saya, sungguh menakjubkan,” pungkas dia.

Stroke McBrain terjadi setelah dia didiagnosis menderita kanker laring stadium 1 pada tahun 2020, yang segera diangkat melalui pembedahan.