Bagikan:

JAKARTA - Album rock penuh bintang milik Dolly Parton yang baru dirilis, Rockstar jadi album dengan charting tertinggi yang pernah ada.

Rilisan terbaru veteran country ini, yang menampilkan sejumlah musisi rock papan atas, antara lain Sting, Steven Tyler, Joan Jett dan Blackhearts, Elton John, Paul McCartney dan Ringo Starr, memulai debutnya di nomor 3 di Billboard 200 selama pekan yang berakhir 23 November dan terjual sebanyak 128.000 unit setara album.

Sebelumnya, penyanyi berusia 77 tahun ini dua kali masuk 10 besar dalam kariernya melalui album Blue Smoke (2014) dan album kolaborasinya tahun 1987 dengan Linda Ronstadt dan Emmylou Harris, Trio. Kedua album tersebut memuncak di nomor 6.

Prestasi tersebut tampaknya sebagian besar disebabkan oleh penjualan fisik, di mana Rockstar terjual 118.500 kopi pada minggu pertama peluncurannya. Angka ini lebih dari dua kali lipat penjualan minggu terbesar terakhirnya, ketika ia menjual 50.500 eksemplar Slow Dancing With The Moon (1993) pada minggu kedua peluncurannya.

Adapun album Rockstar milik Parton ini mengikuti di belakang 1989 (Taylor's Version) milik Taylor Swift di tempat kedua, yang terjual 138.000 unit minggu lalu, dan For All The Dogs milik Drake di tempat pertama, yang kembali ke nomor satu setelah dirilis versi deluxe-nya pada 17 November, yang mencakup enam lagu baru.

Mencakup 30 lagu selama dua setengah jam, album studio ke-49 Dolly Parton ini menampilkan campuran lagu orisinal termasuk single utama World On Fire, dan sejumlah cover klasik, di antaranya Every Breath You Take milik The Police, Purple Rain dari Prince, dan Stairway To Heaven karya Led Zeppelin.