Bagaimana Björk Peduli Ikan Islandia dalam Lagu
Bjork (Instagram @bjork)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi asal Islandia, Björk, baru-baru ini merilis lagu bersama superstar Spanyol Rosalía untuk melawan budidaya ikan di negaranya. Lagu tersebut diunggah dengan judul help fight fish farming in Iceland.

Islandia memiliki alam terbesar yang belum tersentuh di Eropa dan hingga saat ini domba-dombanya pun masih berkeliaran bebas di pegunungan pada musim panas.

Dalam sebuah pernyataan, Björk mengungkapkan ikan-ikan di Islandia juga berenang bebas di danau, sungai, dan fjord - semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser.

"Jadi, ketika para pebisnis Islandia dan Norwegia mulai membeli peternakan ikan di sebagian besar fjord kami, hal itu merupakan kejutan besar dan menjadi topik utama musim panas ini," ungkap Björk.

"Kami tidak mengerti bagaimana mereka bisa melakukan hal ini selama satu dekade dan hampir tidak ada peraturan yang bisa menghentikan mereka," dia melanjutkan.

Menurut Björk, ini tentunya menimbulkan dampak yang sangat buruk terhadap satwa liar dan ikan-ikan yang dibudidayakan menderita kondisi kesehatan yang buruk karena banyak dari mereka yang melarikan diri.

"Mereka mulai mengubah DNA pada salmon Islandia menjadi lebih buruk dan pada akhirnya dapat menyebabkan kepunahan,” tegas sang penyanyi.