Kalau Bukan karena Uang 6 Digit, Robert Plant Ogah Nyanyi <i>Stairway To Heaven</i> Lagi
Robert Plant (Instagram @ledzeppelin)

Bagikan:

JAKARTA - Penampilan Robert Plant membawakan lagu klasik Led Zeppelin, Stairway to Heaven akhir pekan lalu dipicu oleh sumbangan enam digit ke badan amal yang berfokus pada kanker.

Pada Sabtu, 21 Oktober, pentolan Led Zeppelin berusia 75 tahun itu menyanyikan lagu power ballad tahun 1971 tersebut dalam konser amal untuk The Cancer Platform di Soho Farmhouse di Oxfordshire, yang diselenggarakan Andy Taylor dari Duran Duran.

Ini menandai pertama kalinya Robert menyanyikan lagu tersebut di depan umum sejak penampilan Led Zeppelin di O2 Arena di London tahun 2007, yang kemudian dirilis sebagai film konser "Celebration Day".

Dalam wawancara baru dengan Led Zeppelin News, mantan gitaris Reef, Kenwyn House, yang bermain bersama Plant dalam acara tersebut, mengatakan dirinya tidak tahu Stairway to Heaven ada dalam setlist sampai dia tiba pada sesi latihan.

"Itu adalah kombinasi antara kegembiraan dan ketakutan," kata House. "Saya benar-benar hanya punya waktu empat hari untuk mempelajari semuanya" setelah menerima panggilan telepon dari teknisi gitar Taylor pada 15 Oktober yang menanyakan apakah dia bisa hadir untuk pertunjukan amal kurang dari seminggu kemudian."

"Ketika Robert Plant masuk ke dalam ruangan dan saya harus memainkan Stairway to Heaven bersamanya untuk kali pertama di lingkungan tertutup yang kecil, itu mungkin merupakan situasi profesional paling tertekan yang pernah saya temui. Saya ada di sebuah ruangan kecil dengan pahlawan saya memainkan lagu-lagunya yang paling terkenal."

House melanjutkan dengan mengatakan, Plant - yang berbagi perasaan yang agak bertentangan tentang lagu tersebut selama wawancara selama bertahun-tahun — hanya setuju untuk membawakan Stairway to Heaven setelah diminta seseorang yang menyumbangkan sejumlah besar uang untuk The Cancer Platform yang disebutkan di atas.

“Seseorang menawar sejumlah besar uang agar dia (Robert) menyanyikan lagu ini,” kata House. "Ada lingkaran karma baik di sekitarnya. Itu menghasilkan dana sebesar enam digit untuk amal, satu lagu itu."

Plant, Taylor, dan House tampil dalam acara tersebut ditemani pemain bass Pink Floyd/David Gilmour - Guy Pratt, drumer Rod Stewart - David Palmer, putra Taylor - Andy J. Taylor pada gitar - penyanyi Denmark Anne Rani dan multi-instrumentalis Kroasia Dino Jelusick (Whitesnake, Trans Siberian Orchestra) pada kibor dan vokal latar.