Cerita di Balik Lagu <i>Kucinta Kau Apa Adanya</i> dari Once Mekel
Once Mekel (Instagram @oncemekelofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Di luar karier musiknya bersama Dewa, Once Mekel punya beberapa lagu hits yang dirilisnya sebagai solois. Salah satu lagu yang paling dikenal adalah Kucinta Kau Apa Adanya (Aku Mau) dari album Once (2012).

Ternyata, proses masuknya lagu tersebut ke album perdana Once punya cerita unik, dan berbanding terbalik dengan karakternya yang cukup perfeksionis perihal proses rekaman.

Once Mekel menyebut, lagu Kucinta Kau Apa Adanya (Aku Mau) pertama kali direkam bersama Pay Burman untuk keperluan demo lagu.

“Lagu Kucinta Kau Apa Adanya, itu kan sebenarnya demo, saat kita bikin-bikin lagu di studio bareng Pay,” kata Once, saat menjadi tamu di XVG TV, dilihat Selasa, 24 Oktober.

“Biasa dong, kalau kita kerja sama Pay, bikin empat lagu bahkan lebih itu biasa. Ya udah, buat senang-senang aja kok, nothing to lose. Bikin guide, mana yang enak, nanti kita urus lebih intensif,” lanjutnya.

Namun, demo lagu tersebut ternyata diputar di salah satu stasiun radio di Makassar, dan mendapat respons baik dari para pendengar.

Melihat respons pendengar, pihak label memutuskan untuk merilis lagu Kucinta Kau Apa Adanya sebagai salah satu lagu dari album Once.

Menurut Once, vokalnya dalam lagu tersebut tidak direkam ulang. Vokal yang digunakan adalah vokal yang sama dengan versi demo.

Booming di Makassar, jadi hits, akhirnya dari label bilang buat dirilis aja. Udah, malah katanya nggak usah ganti vokalnya, begitu aja,” tutur Once Mekel.

“Ya mungkin ditambahkan sedikit mixing atau apa lah sebelum dirilis,” imbuhnya.

Selain itu, Once juga bercerita bagaimana hubungannya dengan Pay Burman. Sejak awal tahun 1990an, mereka sudah saling kenal dan sempat merilis lagu.

“Dia (Pay Burman) pernah ngajakin gua ikut rekaman. Buat iseng-iseng sih sebenarnya, Pay kan paling jago tuh iseng-iseng,” kata Once Mekel.

“Iseng-iseng taunya jadi aja. Malah lagunya waktu itu sempat masuk chart (tangga lagu),” pungkasnya.