Ivan Nestorman Dorong Andmesh Kamaleng Lebih Berani untuk Berkarya
Andmesh Kamaleng (Instagram @andmeshkamaleng_

Bagikan:

JAKARTA - Ivan Nestorman, musisi neo tradisi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) menyatakan kekagumannya terhadap penyanyi Andmesh Kamaleng.

Keberadaan Andmesh Kamaleng di industri musik nasional dengan segala prestasi yang diraihnya, dilihat mewakili masa depan yang cerah untuk musik Indonesia Timur.

"Beberapa waktu lalu Andmesh sempat main ke rumah. Dia penyanyi besar dan sangat kompeten. Saya yakin dia bakal menjadi musisi besar, itu Andmesh," kata Ivan Nestorman di Kemang, Jakarta Selatan pada Rabu, 11 Oktober.

Bagi Ivan Nestorman, kemampuan Andmesh dalam menciptakan lagu pop romantis tidak lagi diragukan. Namun, Ivan berharap Andmesh juga bisa membuat lagu dengan bahasa daerahnya sendiri.

"Hanya satu saran saya, saya bilang 'Cobalah kau ciptakan sekali-kali lagu bahasa daerah'," ujar Ivan Nestorman.

"Lagu dia terkenal pop, dan itu tidak perlu diragukan lagi. Kalau musik daerah dia ciptakan, itu kan bisa jadi lebih besar, traffic-nya luas," sambungnya.

Ivan juga mendorong juniornya sesama musisi NTT itu untuk lebih berani dan percaya diri dalam membuat karya dengan bahasa daerah.

Selain itu, Ivan juga menyoroti kepentingan label yang terkadang membelenggu musisi muda untuk bebas berkarya, terutama untuk memperkenalkan kebudayaan sang musisi melalui lagunya.

"Yang diperlukan itu hanya keberanian dan percaya diri. Karena ada marketing label dan lain-lain, kadang kita harus ikut keinginan label. Itu yang menyulitkan," tandas Ivan Nestorman.