Ini Alasan Band T’Koes Dilarang Bawakan Lagu-Lagu Koes Plus
T’Koes band tribute Koes Plus yang kini dilarang membawakan lagu-lagu milik grup musik legendaris tersebut. (Instagram/@tkoes_ig)

Bagikan:

JAKARTA - Agusta Dwi Susanto Marzali, pentolan band T’Koes yang merupakan band tribute Koes Plus, menyatakan kesediaannya untuk tidak lagi memainkan lagu-lagu Koes Plus, sesuai permintaan keluarga besar Koes Plus.

Adapun atas pelarangan tersebut, Agusta masih menerka-nerka. Dia tidak tahu persis apa yang melatarbelakangi pernyataan keluarga besar Koes Plus yang diunggah Sari Koeswoyo pekan lalu.

Namun, Agusta memperkirakan bahwa video yang diunggahnya di Facebook menjadi alasan pelarangan tersebut.

“Kami menduga-duga bahwa tayangan video di Facebook saya itu,” ujar Agusta Dwi Susanto Marzali dalam jumpa pers di Ampera, Jakarta Selatan pada Selasa, 27 September.

Dalam video tersebut, Agusta sedang berbincang dengan anggota TNI yang akan pensiun. Dia menyebut video yang berdurasi hampir dua menit itu hanya sekedar video obrolan santainya dengan orang yang disebutnya sebagai senior.

Namun, dalam video tersebut sempat terucap nama Koes Plus oleh pensiunan TNI itu. Agusta sendiri tidak memahami betul apa yang dimaksud seniornya itu.

“Itu obrolan santai antara senior petinggi TNI dengan juniornya, kami sebagai personel T’Koes. Saat itu beliau memotivasi kami untuk bekerja keras secara maksimal. Jadi, ketika beliau bicara, kami memperhatikan dan pengin belajar,” tutur Agusta.

“Setelah sekian lama hening, secara spontan dia bilang ‘Tapi jangan sampai seperti Koes Plus. Anak-anak itu seperti aset’. Di video itu kami tidak begitu jelas ucapan dari beliau itu. Akan tetapi, kami sebagai junior menghormati seniornya bicara,” lanjutnya.

Agusta pun menjelaskan bahwa responnya terhadap pensiunan TNI sebagai sebuah penghormatan terhadap lawan bicara. Dia mengatakan tidak ada niatan untuk merendahkan Koes Plus.

“Kami mengucapkan kata ‘Iya’ itu karena kami sebagai junior tengah mendengarkan senior kami. T’Koes terus belajar agar bisa menghibur. Kami membawakan lagu yang bukan hanya karya Koes Plus, tapi ada lagu-lagu dari band lain,” pungkas Agusta Dwi Susanto Marzali.