Bagikan:

JAKARTA - Dalam wawancara dengan pembawa acara "Soundcheck" Jen Eckert baru-baru ini, vokalis The Smashing Pumpkins Billy Corgan membahas dampak internet dan media sosial terhadap evolusi musik rock selama beberapa dekade.

"Kita telah menghadapi semacam perubahan ekonomi dan budaya dengan musik yang beralih ke digital yang benar-benar mengubah narasi yang tidak terputus selama sekitar seratus tahun tentang cara orang merilis dan mengonsumsi musik.Dan fakta bahwa katalog lebih hadir dengan mengklik sebuah tombol, menurut saya, menempatkan band dalam situasi yang berbeda dalam hal cara menjangkau penonton," kata Billy mengawali.

"Jadi menurut saya, penekanan dalam musik rock pada inovasi lebih sedikit dan lebih pada mempertahankan posisi Anda — band saya sendiri, kami terdorong untuk terus berinovasi, bahkan ketika para penggemar kami kecewa. Jadi sulit untuk mengatakannya. Ya, ini belum benar-benar berkembang sebagaimana mestinya, tapi itu memerlukan sebuah dunia yang berbeda," dia melanjutkan.

"Dan, tentu saja, ketika internet menjadi sesuatu yang penting, ketika media digital menjadi sesuatu yang penting, hal itu mengubah segalanya — hal itu mengubah jurnalisme, hal ini mengubah politik. Jadi, itulah yang diharapkan."

"Ketika musik alternatif dimulai, hal itu berasal dari bawah tanah. Jadi gelombang pertama dari hal itu adalah, 'Siapa yang masuk? Siapa yang keluar?' Dan sepertinya gelombang kedua ini datang."

"Dan kami, sebagai gelombang pertama, melihat sekeliling dan berkata, 'Siapa saja band-band lainnya ini dan dari mana mereka berasal?' Tentu saja, ini adalah momen yang terjadi secara turun-temurun dan memang sudah diduga, namun pada saat itu sepertinya sekelompok orang mengenakan kemeja flanel grunge dan tiba-tiba semua orang bergoyang dan melakukan apa yang kami lakukan beberapa tahun sebelumnya."

"Jadi, menurut saya, kami memperlakukan orang-orang yang berada dalam gelombang kedua dan ketiga sebagai penyelundup."