Gilby Clarke Sebut Riff Lagu <i>Enter Sandman</i> Terbaik Sepanjang Masa
Gilby Clarke (Instagram @gilbygtr)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam wawancara dengan Radioactive MikeZ, pembawa acara program 96.7 KCAL-FM "Wired In The Empire", mantan gitaris Guns N' Roses Gilby Clarke mengingat momen tur stadion band rock legendaris tersebut dengan Metallica pada tahun 1992.

"Lihat, kami mengalami banyak masa-masa menyenangkan. Lars [Ulrich, drumer Metallica] berkumpul dengan kami setiap hari selama tur itu; dia benar-benar seperti salah satu dari kami," Gilby membuka kisahnya.

"Setiap hari kami jalan-jalan bersama, kami berpesta setelah konser. Sebelum konser, [kami] pergi dan melakukan — Anda tahu, apakah itu pergi ke museum di siang hari, dia benar-benar bagian dari kami. Kami rukun," dia melanjutkan.

"Ketika [tur] pertama kali dimulai, saya menonton banyak konser [Metallica] karena mereka selalu tampil terlebih dahulu, dan kemudian kami tidak melanjutkannya untuk waktu yang lama. Jadi setelah beberapa saat, saya seperti — bukannya saya berhenti menonton mereka, tapi ini akan menjadi hari yang panjang bagi kami jika terus menonton mereka."

"Jadi, saya mulai jarang menonton mereka. Saya melihat Metallica di awal-awal, dan kemudian saya belum melihatnya sampai mereka meledak. Jadi saya sangat mengagumi profesionalisme mereka, dan saya sangat menyukai cara mereka selalu menjadi unit inti. Mereka makan malam bersama, seperti mereka melakukan sesuatu [bersama]. Saya sangat, sangat menikmati bagian dari mereka."

"Dan sebagai dari segi sound, maksud saya, mereka sangat besar. Mereka masih besar. Sound mereka menggelegar dan sangat kencang dan sangat Metallica."

Diminta untuk menyebutkan lagu Metallica favoritnya, ini kata Gilby.

"Itu adalah hal yang standar, tapi Enter Sandman masih menjadi lagu favorit saya. Maksud saya, lihat, saya sebenarnya bukan orang metal — saya tumbuh mendengarkan musik The Clash dan hal-hal seperti itu — tapi saya selalu menyukai lagu itu karena memiliki melodi yang lebih banyak dan sebagainya, dan riff itu adalah riff terhebat sepanjang masa."

Gilby menggantikan Izzy Stradlin dalam line up Guns N' Roses pada tahun 1991, selama tur "Use Your Illusion", dan bertahan dengan band ini selama tiga tahun. Setelah keluar dari Guns N' Roses, Gilby melanjutkan karier sebagai produser dan artis solo, selain itu juga bermain di Slash's Snakepit, Rock Star Supernova, Heart, dan artis lainnya.