Siapakah Oliver Anthony, Penyanyi Lagu <i>Rich Men North Of Richmond</i> yang Viral dan Mengapa Dia Kontroversial?
Oliver Anthony (tangkapan layar YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi country Oliver Anthony menjadi berita utama baru-baru ini setelah lagunya yang bertajuk Rich Men North Of Richmond dikritik sebagai "lagu sayap kanan" dan dicap "ofensif".

Dalam delapan hari sejak dirilis, lagu tersebut telah mencapai posisi Nomor Satu di tangga lagu iTunes Country dan ditonton lebih dari 17 juta kali di YouTube, dan telah melonjak ke Nomor Satu di Tangga Lagu Global Music Apple Music.

Dalam sebuah pernyataan, Anthony mengatakan dia tidak akan terburu-buru menandatangani kontrak rekaman, dan telah menolak beberapa tawaran.

“Orang-orang di industri musik memberi saya tatapan kosong ketika saya menolak tawaran 8 juta dolar,” tulisnya di Facebook.

“Saya tidak ingin enam bus wisata, 15 trailer traktor, dan jet. Saya tidak ingin memainkan pertunjukan stadion, saya tidak ingin menjadi sorotan.”

Dia melanjutkan: “Saya menulis musik yang saya tulis karena saya menderita kesehatan mental dan depresi. Lagu-lagu ini telah terhubung dengan jutaan orang pada tingkat yang begitu dalam karena dinyanyikan oleh seseorang yang merasakan kata-katanya tepat pada saat lagu itu dinyanyikan. Tidak ada pengeditan, tidak ada agen, tidak ada omong kosong.

“Hanya seorang idiot dan gitarnya. Gaya musik yang seharusnya tidak pernah kita tinggalkan sejak awal.”

Inilah semua yang kami ketahui tentang sang penyanyi dan mengapa dia menimbulkan kontroversi, dikutip dari berbagai sumber.

Siapakah Oliver Anthony?

Anthony adalah mantan buruh pabrik dan petani, yang kemudian memutuskan menjadi penyanyi country.

“Tidak ada yang istimewa tentang saya,” tulisnya baru-baru ini di Facebook. “Saya bukan musisi bagus, saya bukan orang yang sangat keren. Saya telah menghabiskan lima tahun terakhir bergumul dengan kesehatan mental dan menggunakan alkohol untuk menenggelamkannya.

“Saya sedih melihat dunia dalam keadaan seperti ini, di mana semua orang berkelahi satu sama lain. Saya telah menghabiskan banyak malam dengan perasaan putus asa, bahwa negara terbesar di Bumi dengan cepat memudar.”

Akhir pekan lalu (13 Agustus), dia mengadakan konser publik pertamanya sejak lagunya menjadi viral, dan tampaknya menarik banyak orang ke pertunjukannya di North Carolina.

Dalam tweet baru-baru ini, sang penyanyi mengatakan dia "terkejut dengan curahan cinta yang saya lihat di komentar, pesan, dan email".

Mengapa Oliver Anthony kontroversial?

Setelah dirilis, lagu Rich Kid North Of Richmond dipuji di media sosial oleh tokoh media sayap kanan termasuk Dan Bongino dan Matt Walsh. Perwakilan Republik Marjorie Taylor Greene, sementara itu, menggambarkannya sebagai "lagu kebangsaan orang Amerika yang terlupakan yang benar-benar mendukung bangsa ini dan sayangnya dunia".

Lagu tersebut juga dikritik karena "fatphobic" dan diberi label "lagu sayap kanan".

Mendengarkan lagu tersebut pada awalnya dapat diartikan sebagai lagu kebangsaan kelas pekerja, saat dia menyanyikan "sellin’ my soul” untuk “bullshit pay“. Dia juga mencela politisi dan “rich men north of Richmond” yang “just wanna have total control“..

Lagu tersebut tidak hanya mengangkat masalah sosial seperti tunawisma dan krisis kesehatan mental negara, tetapi juga menampilkan Anthony menekan “kesejahteraan pemerah susu yang gemuk” lewat kata-kata “if you’re 5-foot-3 and you’re 300 pounds / Taxes ought not to pay for your bags of fudge rounds.”

Sementara itu, The Guardian menyebut "tidak mengherankan" bahwa sayap kanan menyukai lagu ini, adapun The Independent bertanya apakah "Lagu Republik harus seburuk hit viral Rich Men North of Richmond milik Oliver Anthony?"