Elkasih Sambangi Kantor WAMI, Cek Royalti Lagu Kau Tigakan Cinta yang Viral di Medsos
Personel Elkasih sambangi kantor WAMI (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Band Elkasih menyambangi kantor Wahana Musik Indonesia (WAMI) untuk mempertanyakan hak royalti atas lagu mereka yang berjudul Kau Tigakan Cinta, yang mana belakangan banyak diputar dan dimainkan di media sosial.

Tiga personel Elkasih yang hadir adalah El Ari (kibor), El Arief (drum), dan El Ricky (vokal). Mantan vokalis Elkasih sekaligus pencipta lagu Kau Tigakan Cinta, El Ibnu juga terlihat hadir menemani personel lain.

Berkaca dari pengalaman masa lalu, El Ari mengatakan bahwa Elkasih selama bertahun-tahun tak menerima royalti dari lagu-lagu mereka karena merasa dicurangi label rekaman tempat mereka bernaung dulu.

Pada tahun 2020, Elkasih berhasil mendapatkan kembali hak atas lagu-lagu tersebut, dan saat ini diserahkan pengelolaannya kepada Nagaswara.

Dengan apa yang pernah terjadi, El Ari tidak ingin pundi-pundi uang yang dihasilkan dari lagu Kau Tigakan Cinta pergi ke pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

“Kita nggak mau terulang lagi saat ini, yaitu lagunya viral nggak dapat lagi. Akhirnya kita datangi kepada lembaga yang kami kuasakan untuk lagu tersebut, yaitu WAMI dan Nagaswara,” kata El Ari di Pasar Minggu, Jakarta Selatan Senin, 21 Agustus.

El Ari menjelaskan bahwa Nagaswara dalam hal ini melindungi hak mechanical dari lagu Kau Tigakan Cinta. Sementara itu, WAMI melindungi hak performa.

“Dengan Nagaswara kita sudah konfirmasi, bahwa mereka sudah menghitung royaltinya. Otomatis sudah bisa lega ya,” ujar El Ari.

“Nah, kita datangi WAMI hari ini untuk mempertanyakan hal tersebut, dan sudah bertemu dengan wakil dari WAMI,” lanjutnya.

Setelah mencari informasi soal royalti lagu ke WAMI, El Arif sebagai salah satu pencipta lagu bersama El Ibnu, mengaku puas dengan apa yang dilihat.

Meski tak secara gamblang menyebut nominal royalti yang sudah terhimpun, El Arif berharap royalti yang biasa diterima pada April dan Oktober bisa didapatkan ketika waktunya tiba.

“Menggembirakan, cuma sayangnya selama ini kita tahu mendengar lagu itu di mana-mana, tapi belum dapat hak ekonomisnya terutama saya dan El Ibnu di lagu Kau Tigakan Cinta,” pungkas El Arif.