Buku Foto Velvet Revolver Karya Ross Halfin Dirilis
Velvet Revolver (Instagram @velvet_revolverofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Rufus Publications mengumumkan perilisan buku foto terbaru, Velvet Revolver By Ross Halfin. Buku ini berfokus pada Velvet Revolver, band yang dibentuk pada 2002 oleh mantan anggota Guns N' Roses; Duff McKagan, Slash dan Matt Sorum.

Sorum, McKagan, Slash dan gitaris Dave Kushner mencari vokalis secara terbuka setelah selama dua tahun berjalan tanpa vokalis tetap. Akhirnya mereka memilih mantan vokalis Stone Temple Pilot, Scott Weiland.

Velvet Revolver lantas merilis dua album penuh melalui RCA/Sony BMG — Contraband tahun 2004 dan Libertad tahun 2007 — sebelum memecat Weiland pada April 2008.

Menyusuri jalan sejarah rock yang panjang dan berbelit-belit, istilah "supergroup" telah digunakan untuk menggambarkan kolaborasi yang dilakukan oleh musisi yang sudah terkenal karena telah memantapkan diri dengan band populer lainnya.

Banyak dari proyek ini cenderung berumur pendek dan jarang menangkap kehebatan kolektif atau individu yang dicapai para musisi ini di band-band sebelumnya.

Namun, sering kali, salah satu dari apa yang disebut "supergroup" ini benar-benar menyampaikan jumlah teoretis dari bagian-bagiannya dan menulis, merekam, dan menampilkan musik yang berdiri di atas kemampuan dan kekuatannya sendiri dan memperkuat tempatnya di hati dan pikiran penggemar musik rock di seluruh dunia. Salah satu band tersebut adalah Velvet Revolver.

Setelah benar-benar mendominasi pada awal dan pertengahan 1990-an bersama Guns N' Roses, Slash dan McKagan mendapati diri mereka agak terombang-ambing pada awal 2000-an sejak meninggalkan satu-satunya band bonafide yang pernah dijuluki "band terbesar di dunia".

Dalam keadaan yang cukup mirip, raksasa rock tahun 1990-an lainnya - Stone Temple Pilot - secara terbuka meledak sebagai akibat dari politik internal mereka sendiri.

Terlepas dari semua drama dan zeitgeist budaya saat itu yang tidak secara khusus menyebut grup ini seperti itu, Velvet Revolver dibentuk dengan Weiland, Slash, McKagan, Sorum dan Kushner, dan mungkin terlepas dari kesulitan seperti itu menawarkan album debut mereka yang menakjubkan, Contraband, pada 8 Juni 2004.

Album ini memuncak di No. 1 di Billboard 200 dan terjual lebih dari dua juta kopi di Amerika Serikat saja — pencapaian yang benar-benar luar biasa menurut standar siapa pun dan berfungsi sebagai pengingat akan kualitas musik yang tak terbantahkan.

Album kedua, Libertad, menyusul tiga tahun kemudian setelah konser yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia, dan album ini mendarat di No. di Billboard 200 besar dan disertifikasi emas di Kanada dan Selandia Baru.

Sejarah pada akhirnya akan terulang kembali dan kekuatan yang sama yang menyebabkan dimulainya band ini akan muncul kembali untuk menggagalkan Velvet Revolver sekali dan untuk selamanya pada tahun 2008.

Namun, fotografer Ross Halfin ada di setiap langkah untuk mengabadikan band di saat-saat indah dan buruk, dan buku foto ini mewakili perjalanan total Velvet Revolver dan berfungsi sebagai pengingat tepat waktu bahwa terkadang, meskipun jarang, "supergroup" bisa benar-benar super.

Buku terbitan dari Rufus ini merayakan kecemerlangan Velvet Revolver yang berumur pendek dalam satu buku edisi terbatas yang hanya terdiri dari 500 eksemplar bernomor di seluruh dunia dengan pengantar oleh McKagan.

Hadir dalam 340 halaman seni berkualitas tinggi, dengan sampul yang dicetak dalam format slipcase Carbon X unik plus cetakan dan poster bertanda tangan Ross Halffin, buku ini adalah film dokumenter visual yang unik dari Velvet Revolver.

Velvet Revolver By Ross Halfin mulai dijual pada hari ini, Jumat, 11 Agustus pukul 3 sore waktu Inggris.