Bagikan:

JAKARTA - Ed Sheeran mengungkapkan pemikirannya tentang penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam musik. Dia menyebut teknologi itu "aneh".

Penyanyi sekaligus penulis lagu Sheeran berbicara tentang AI dalam wawancara dengan Audacy, yang berlangsung di Hard Rock Hotel di New York City, baru-baru ini.

Menjelang akhir percakapan, Sheeran ditanya apakah dia pernah melihat salah satu proyek AI berorientasi musik yang semakin populer di media sosial.

“Apa yang saya tidak mengerti tentang AI adalah, selama 60 tahun terakhir, film-film Hollywood mengatakan kepada Anda, 'Jangan lakukan itu'. Dan sekarang semua orang melakukannya,” jawabnya.

“Dan saya seperti, 'Apakah Anda tidak melihat film di mana mereka membunuh kita semua?'” Sheeran melanjutkan.

“Juga, saya tidak tahu mengapa Anda membutuhkannya – jika Anda mengambil pekerjaan dari manusia, saya pikir itu mungkin hal yang buruk.

“Inti dari masyarakat adalah kita semua melakukan pekerjaan. Jika semuanya dilakukan oleh robot, semua orang akan kehilangan pekerjaan. Saya hanya menemukan AI agak aneh. Tapi ChatGPT… kenapa tidak?”

Belakangan, Sheeran mengatakan bahwa dia memiliki boneka beruang dari film Steven Spielberg tahun 2001, A.I. Artificial Intelligence dalam koleksi alat peraga filmnya.

“Saya menontonnya beberapa hari yang lalu dan saya seperti, 'Lihat! Spielberg dan [Stanley] Kubrick telah mencoba memberi tahu kami sesuatu’,” pungkas dia.