Rendy Pandugo Menantang Diri dengan Buat Lagu Berbahasa Indonesia
Randy Pandugo. (VOI/Ivan Two Putra)

Bagikan:

JAKARTA - Rendy Pandugo memulai karier solonya dengan merilis lagu I Don’t Care pada tahun 2016 lalu. Selama tujuh tahun kariernya di dunia musik Indonesia, penyanyi 38 tahun itu selalu hadir dengan lagu ciptaannya yang berbahasa Inggris.

Namun, baru-baru ini Rendy Pandugo merilis lagu berjudul Senandung Lara yang notabene berbahasa Indonesia. Ia merasa tertantang membuat lagu menggunakan bahasa Indonesia yang dinyanyikan sendiri.

“Sebenarnya udah bikin beberapa lagi indonesia di proyek sebelumnya, cuma gua nulis sendiri sebagai solois dan gua rilis itu baru pertama kali. Kenapa? Gua merasa tertantang aja untuk bikin sesuatu,” ungkap Rendy Pandugo di Cipayung, Jakarta Timur pada Jumat, 4 Agustus.

Rendy Pandugo merasa sudah lama tidak merilis lagu sendiri, sehingga ia ingin hadir kembali dengan sesuatu yang baru.

“Karena gua setahun nggak rilis apa-apa. Kayaknya harus comeback dengan sesuatu yang baru gitu. Ya gua harus cari sesuatu yang segar aja, dan coba nulis bahasa Indonesia,” kata Rendy Pandugo.

Namun, Rendy membantah jika dirinya selama ini disebut mendiskriminasi bahasa Indonesia. Ia mengaku kesulitan ketika harus membuat lagu dengan menggunakan bahasa Indonesia.

“Ternyata cukup susah (buat lagu berbahasa Indonesia). Bukan berarti gua mendiskriminasi bahasa Indonesia, nggak, bahasa Indonesia itu it’s a good thing,” kata Rendy Pandugo.

“Alhamdulillah kemarin gua dibantu sama Petra Sihombing juga, jadi di tengah jalan dia bantuin, akhirnya gua bisa lebih lancar nulisnya,” imbuhnya.

Bicara lebih lanjut mengenai single barunya, Rendy Pandugo menyebut Senandung Lara punya kisah yang sangat personal dengannya.

“Senandung Lara ini sebenarnya sih personal banget buat gua. Karena setahun ke belakang, yang gua rasakan bukan hal yang mudah, banyak hal yang berubah,” tandas Rendy Pandugo.