Bagikan:

JAKARTA - Damon Albarn menyatakan dirinya meyakini bahwa Arctic Monkeys adalah "band gitar hebat terakhir", menambahkan bahwa sat ini musik berorientasi gitar nyaris hilang.

Saat tampil di podcast Broken Record, pentolan Blur itu membahas tentang keadaan musik menonjolkan bebunyian intrumen yang kodratnya berdawai enam itu.

Meskipun Albarn mengatakan dia tetap optimistis tentang masa depan genre tersebut, dia percaya hal itu mengalami masa sulit sebelum ditemukan kembali.

“Saya merasa ada sedikit kegembiraan tentang musik gitar lagi, itu bukan hal yang buruk karena menjadi sangat steril," kata Albarn mengawali.

"Bagi saya, band gitar hebat terakhir adalah Arctic Monkeys dan saya tidak benar-benar tahu apakah ada yang sebagus itu sejak itu,” lanjutnya.

“Tapi sekarang ada band dengan potensi yang sangat besar. Ini benar-benar membongkar sendiri musik gitar dan menyatukannya kembali dalam bentuk yang berbeda."

"Anda memiliki beberapa mutasi baru yang luar biasa dari kejeniusannya.”

Kreator Gorillaz itu lantas membagikan pilihannya tentang band-band baru yang dia yakini menjanjikan kehebatan.

“Saya sangat suka band Wu-Lu, mereka terlihat sangat keren. Ada satu yang saya ambil di suatu tempat di pedesaan Amerika tetapi saya tidak dapat mengingat namanya, itu mempersempitnya bukan,” katanya.

“Kemudian Anda memiliki band seperti Yard Act yang tampak keren. Jelas mereka bukan orang baru, tapi saya masih melihat mereka muncul sebagai band-band seperti Sleaford Mods, brilian. Ada banyak bahasa bagus yang digunakan juga, bukan omong kosong rock generik ini - saya benci itu, saya suka penyair dan gitar,” dia menambahkan.