Karya Solo Ryuichi Sakamoto Dikemas dalam Album Kompilasi <i>Travesía</i>
Ryuichi Sakamoto (Instagram @skmtgram)

Bagikan:

JAKARTA - Pilihan karya solo mendiang Ryuichi Sakamoto dikumpulkan dalam kompilasi terbaru dari Milan Records, bertajuk Travesía.

Album ini dikurasi oleh sutradara Meksiko pemenang Oscar Alejandro González Iñárritu, dengan judul album yang diterjemahkan menjadi 'perjalanan' dalam bahasa Spanyol.

Sakamoto berkolaborasi dengan sutradara terkenal bersama Alva Noto untuk soundtrack film garapan Iñárritu tahun 2015, The Revenant, yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio.

Awalnya dimaksudkan sebagai proyek kejutan untuk merayakan ulang tahun ke-70 komposer Jepang itu, kompilasi baru ini adalah hasil dari perencanaan selama hampir dua tahun dan enam bulan Iñárritu mendengarkan lebih dari 1000 lagu.

“Ketika Jean Christophe Chamboredon dari Milan Records, dan Norika Sora, manajer Ryuichi, mengundang saya ke proyek ini, naluri pertama saya adalah menolak,” kata Iñárritu dalam pernyataan pers.

“Alam semesta musik Sakamoto sangat luas sehingga tanggung jawab untuk menghormatinya dengan memilih hanya 20 bintang dari galaksi kompleksnya secara praktis tidak mungkin dilakukan. Tetapi setelah mengetahui bahwa mereka merencanakan ini sebagai hadiah kejutan untuknya, saya tidak punya pilihan lain selain menerima tantangan tersebut.”

Dia melanjutkan: “Bahkan sekarang, saya terus menemukan elemen baru dalam karya Ryuichi yang telah saya dengarkan selama beberapa dekade. Persepsi musiknya menjadi awan yang bisa berubah, yang selalu dan tidak pernah sama.”

“Tradisi musik milenial bernafas melalui inovasinya yang tiada henti. Musik Ryuichi Sakamoto akan sepenuhnya hidup bahkan saat kita semua pergi.

“Saya harap, dengan mendengarkan lagu-lagu pilihan ini, Anda akan dapat mengalami air terjun emosional yang abadi itu.”

Iñárritu meminta kolaborator Martin Hernandez dan Martin Delgado untuk membantu prosesnya, dengan fokus pada lagu-lagu komposer legendaris yang kurang dikenal.

Album ini dibuka dengan Thousand Knives, lagu utama dari album debut Sakamoto tahun 1978. Berikut ini daftar lengkap lagunya:

1. ‘Thousand Knives’

2. ‘The Revenant Main Theme (Alva Noto Remodel)’

3. ‘Before Long’

4. ‘Nuages’

5. ‘LIFE, LIFE’

6. ‘Ma Mère l’Oye’

7. ‘Rose’

8. ‘Tokyo Story’

9. ‘Break With’

10. ‘Blu’

11. ‘Asadoya Yunta’

12. ‘Rio’

13. ‘Reversing’

14. ‘Thatness and Thereness’

15. ‘Ngo/bitmix’

16. ‘+Pantonal’

17. ‘Laménto’

18. ‘Diabaram’

19. ‘Same Dream, Same Destination’

20. ‘Composition 0919’

Komposer perintis Sakamoto meninggal pada 28 Maret, dalam usia 71 tahun. Sebuah pernyataan di situs resminya berbunyi: “Saat menjalani perawatan untuk kanker yang ditemukan pada Juni 2020, Sakamoto terus membuat karya di studio rumahnya kapan pun kesehatannya memungkinkan. Dia hidup dengan musik sampai akhir.